Senin, 26 Desember 2005

MASA LALU YANG GELAP

Setiap orang punya masa lalu. Masa lalu itu bisa indah maupun gelap. Masa lalu yang indah akan selalu terekam di dalam memori. Kita tidak pernah ingin melupakannya Bahkan, kalau bisa, kita ingin memgulanginya hingga berkali-kali. Namun, sangat beda dengan masal lalu yang gelap. Kalau yang ini, pasti selalu ingin dihapus dari ingatan kita. Namun, terkadang, menghapus masa lalu yang gelap itu tidak semudah menghapus file di dalam komputer. Kita tidak punya tombol 'delete' yang bisa diklik kapanpun kita mau.

Yang bisa kita lakukan hanyalah menjadikan masa lalu yang gelap itu, tidak membuat hidup kita terus gelap.Semangat dan harapan harus bertambah justru dengan adanya masa lalu yang gelap itu. Ini memang susah. Tapi, sepanjang ada niat dan usaha kita, itu bukan pekerjaan susah seperti menembus tembok yang begitu tebal. Kita tidak boleh menyesali masa lalu yang gelap itu sebagai sebuah peristiwa yang tidak sepantasnya terjadi. Menyesal kemudian tentu tidak berguna. Itu sudah terjadi. Hadapilah dengan jiwa yang besar, walau masa lalu yang gelap itu telah menumbuhkan luka di hati kita.

Kalau yang selalu hadir adalah penyesalan dan penyesalan, maka luka tadi tidak akan sembuh-sembuh. Kita bahkan harus siap untuk melihat luka itu akan menjalar ke seluruh tubuh. Akhirnya, lambat tapi pasti, jurang kematian akan hadir di depan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar