Selasa, 14 Maret 2006

WANITA-WANITA DAUR ULANG

Lepas sudah beban untuk minggu ini. Setelah tiga hari bekerja keras sejak hari Minggu lalu, akhirnya beban itu telah lepas pada malam ini. Artinya, besok aku bisa menikmati saat-saat tanpa ketegangan beban kerja. Apa ya yang akan aku lakukan besok? Mmm....tidur aja kali ya di rumah. Hehehe...

Aku tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu lalu pukul 21.00 WIB. Hari Minggunya, aku harus segera berangkat ke kantor untuk menyelesaikan naskah. Aku tiba kembali di rumah pada pukul 01.00 hari Seninnya. Pada pukul 09.00, aku sudah harus kembali ke kantor untuk menyelesaikan naskah. Lagi-lagi, aku harus pulang pukul o1.00 pada hari Selasa. Dan, pada pukul 10.00, aku sudah kembali berangkat ke kantor untuk menyelesaikan proses editing. Karena pukul 22.30, hasil karyaku itu akan tayang.

Entah mengapa, aku kurang puas dengan hasil tayangan tersebut. Menurut aku, banyak sekali kesalahan maupun kekurangan yang mestinya tidak boleh terjadi. Namun, rupanya tetap terjadi dan membuat tayangan itu menjadi tidak maksimal. Aku sendiri tidak mau menyalahkan siapapun. Aku hanya bertekat, minggu-minggu mendatang, kesalahan dan kekurangan itu tidak boleh terjadi lagi.

Narasi sepertinya terlalu panjang sehingga menyebabkan narasi dan gambar saling berlomba-lomba. Ini seharusnya bisa diakali kalau yang mendampingi proses editing jeli melihatnya. Janganlah menyalahkan naskah yang panjang. Sebab, yang panjang itu bisa dipotong kok.

Musik audio juga tidak mempercantik tayangan. Terlalu flat dan tidak menambah rasa drama dalam tayangan itu. Tidak ada kejutan yang diberikan musik audio itu. Ini seharusnya diketahui oleh si editor dan orang yang mendampinginya.

Terlepas dari semua kekurangan tadi, aku lega setelah melihatnya tayang di teve beberapa menit lalu. Lagi, sebuah karyaku muncul di teve. Sebuah karya hasil liputanku ke Medan, Sumatera Utara. Judulnya, WANITA-WANITA DAUR ULANG.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar