Jumat, 21 April 2006

APA ITU KARTINI?


Hari ini, Jumat, 21 April, adalah hari bersejarah di negeri ini. Hari ini diperingati sebagai hari kartini. Kartini adalah nama seorang perempuan yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Nama lengkapnya Raden Ajeng Kartini. Perempuan berdarah Jawa itu memang lahir pada tanggal 21 April. Ia disebut-sebut sebagai pelopor emansipasi wanita di negeri ini. Perempuan harus sama kedudukannya dengan pria. Begitulah arti dari emansipasi itu. Ada bukunya yang sangat terkenal, berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Itulah sejarah yang aku dapat sejak SD tentang Kartini. Aku juga masih ingat, dulu, setiap tanggal 21 harus ikut pawai keliling satu kelurahan setiap tanggal 21 April. Pihak sekolah mengharuskan kami untuk memakai baju daerah. Namun, aku gak tidak pernah menurutinya. Karena itu, aku selalu berbaris di belakang saat pawai. Yang berjalan di depan khusus bagi teman-temanku yang memakai baju daerah. Orang-orang berdiri di pinggir jalan untuk menonton kami berjalan di terik matahari yang sangat panas.

Sampai sekarang, masih banyak orang memperingati hari kartini dengan apa yang aku alami sekitar 20 tahun lalu. Tadi pagi, beberapa sopir busway memakai kebaya saat mensopiri bus Transjakarta. Hampir semua penyiar di teve juga memakai baju kebaya. Untung aja para wanita penghibur yg biasa mangkal di sepanjang jalan Hayam Wuruk jakarta, tidak ikut-ikutan memakai baju kebaya.

Rupanya, cara orang memperingati hari Kartini tidak mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Selamat Hari Kartini, untukmu, wahai para Perempuan Indonesia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar