Rabu, 01 Agustus 2007

Aneh, kok Kota Tarakan rame!

Sekitar jam 11 siang, pesawat Mandala yang gw naiki mendarat di Bandara Juwata, Kota Tarakan, Kalimantan Timur. Gw sempat mikir pas pramugari ngumumin nama bandara ini. Pertama denger, kok sama dengan bandara Juanda Surabaya ya. Eh,.... pas turun dari pesawat, rupanya Juwata, bukan Juanda.

Bandaranya lumayan gede. Lumayan rame juga. Tapi, yang membuat berkesan ama nih bandara adalah permukaan landasan mendarat pesawat gak rata. Pas pesawat roda pesawat sudah menyentuk landasan, sangat terasa permukaan landasan naik turun. Agak deg-degan juga berada di dalam pesawat. Apalagi gw naik Mandala. Kasus Mandala di Medan tentu masih kebayang jelas.

Dari bandara, bersama 2 orang kawan, gw naik taksi ke tengah Kota Tarakan. Gile, kotanya lumayan rame. Pantesan banyak maskapai yang buka rute ke Tarakan. Selain Mandala, ada Sriwijaya dan Batavia. Mobil juga memenuhi kota ini. Gw sama sekali gak nyangka Tarakan bakal serame ini.

Apalagi kalo diliat di peta, Tarakan cuma sebuah kota di pulau sebelah utara Kaltim. Gak kebayang banget kota segede ini. Apalagi pas diliat dari pesawat. Sebelum mendarat, gw cuma liat tambak-tambak ikan di pinggir laut. Karena itu, pas pesawat mulau turun, gw pikir nih pesawat mau mendarat di tengah tambak-tambak itu. Gak taunya ada bandara lumayan gede di Tarakan. :-)

Kata sopir taksi yang gw naiki, Tarakan emang dibuat gede sebagai kota besar di sebelah Utara kaltim. Kl di Selatan ada Balikpapan. Ini sebuah strategi dalam pembangunan di provinsi kaya minyak itu. Ada pusat ekonomi di Selatan en ada di Utara. Adilkan? Ooo... gitu toh.

Lalu kok bisa rame tuh kota? Rupanya, Kota Tarakan bisa segede itu karena di sana juga ada minyak. Lalu perekonomian juga ditopang ama sektor perikanan yang buayak di sana. Udah gitu, dekatnya Tarakan ama Sabah, Malaysia, ikut menunjang perekonomian di sana. Jangan heran kalo banyak barang-barang Malaysia yang di jual di toko-toko di seputaran Tarakan.

Gitu aja dulu cerita gw tentang Tarakan. Gw harus segera menuju pelabuhan Tarakan untuk menuju Pulau Sebatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar