Kamis, 02 Agustus 2007

Berlayar Tanpa Alat Navigasi

Tepat jam 2 siang, speedboat yang gw naiki segera berlayar dari dermaga Tarakan menuju Pulau Sebatik. Ada sekitar 15 penumpang di dalamnya. Belum termasuk barang-barang yang ditumpuk di tengah kursi. Gw liat sebuah WC ada di belakang bagian kiri kapal. Tp, begitu pintu dibuka, ternyata isinya cuma tumpukan tabung-tabung elpiji. Gile juga nih kapal. Kalo meledak gimama?

Kalo penumpang lain asik tidur, maka gw sibuk menikmati perjalanan yang lumayan asik ini. Di kiri-kanan kapal tampak pulau-pulau di sekitar Pulau Tarakan. Ada juga beberapa kapal tongkang yang sedang bersandar. Gw yakin pasti itu kapal tongkang pengangkut kayu. Apalagi ada sedikit tumpukan kayu di daratan. Gw berusaha ‘ngintip’ kondisi pulau lewat celah lebatnya pohon bakau. Sekilas terlihat kalo bakau hanya lebat di pinggir pulau. Kalo di dalamnya sih udah dibabat abis. Emang kurang ajar tuh cukong-cukong kayu ama pejabat yang membiarkan penggundulan hutan mangrove di sini. Huh….

Ombak cukup besar sehingga terasa sekali goyangan di dalam speedboot. Mungkin orang yang gak biasa, sudah muntah akibat goyangan speedboat ini. Gw cukup bersyukur tahan dalam perjalanan apapun, baik di darat, laut, maupun udara.

Gw gak banget nyangka nih speedboat bisa melaju sangat kencang. Ada 3 motor merek Yamaha yang dipasang dibelakang speedboat. Ukurannya gede-gede. Gw gak tau berapa keceatannya. Tp, kenceng banget. Mirip sama speedboat yang ada di Batam menuju pulau-pulau sekitarnya, termasuk ke Singapura. Tapi, bedanya di sini gada AC. Kata orang-orang sih, orang Sebatik gak tahan sama dinginnya AC. Makanya AC di speedboat ini dibongkar. Ah, masa sih? Gw gak percaya tuh.

Lucunya, speedboat ini gak punya sarana navigasi. Pokoknya, di depan kemudi gada apa-apa. Padahal kan pelayaran lumayan jauh. Jadi gimana caranya tuh sopir eh… juru mudi kapal gak nyasar sampe tujuan. Kabarnya sih, mereka pake filing aja karena sudah biasa melewati rute ini. Gile bener….

Jangan harap bisa menemukan indahnya laut di sepanjang perjalanan. Kayaknya laut di sini adalah bekas muara sungai. Airnya berwarna coklat dan kehijau-hijauan. Gak ada bagusnya deh. Emang sih, sampe hari ini gw gak pernah denger ada kawasan pantai en laut yang bagus di sepanjang pantai Pulau Kalimantan. Yang pernah kedengaran Cuma di kawasan Derawan. Tapi kan itu sudah di tengah pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Setelah 2,5 jam pas berlayar, akhirnya sampe juga di Dermaga Sei Nyamuk, Pulau Sebatik.

Cerita berikutnya nanti ya….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar