Kamis, 15 April 2010

Dari Fessy Alwi sampai Ziza Hamzah

Tanpa sengaja, ritual pencet-memencet remote TV berhenti di layar ANTV. Rupanya sedang tayang program Topik Siang. Aku menahan jari yang ingin segera pindah stasiun TV lagi. Aku tertarik dengan si pembaca acara program berita di stasiun TV milik grup Bakrie ini. Nama pembaca beritanya Ziza Hamzah. Sambil menonton, aku mencoba mengingat-ingat sesuatu. Kalau tidak salah, presenter berwajah Arab ini dulunya adalah salah satu penyiar Indosiar. Ya...memang aku tidak salah. Aku jadi ingat, dulu beberapa kali melihatnya bersiaran di Fokus Siang atau Patroli, dua program berita di Indosiar.

Sambil terus menyaksikan Ziza Hamzah membawakan berita, aku mengingat-ingat tentang pengalaman mengamati dunia para presenter berita di Indonesia. Dunia mereka seakan mirip selebritis, yang dipuja penggemarnya. Coba saja browsing tentang penyiar berita di internet. Akan ditemukan forum yang membahas tentang penyiar berita favorit mereka lengkap dengan komentar-komentar lucu, unik, dan terkadang nakal. Banyak juga artikel blog yang membahasnya. Para penulis blog tadi juga melengkapi dengan foto yang tampaknya hasil memotret sang presenter saat sedang muncul di layar TV. Salah satunya aku copy ke dalam artikel ini.


Entah apa alasan seorang Ziza Hamzah akhirnya berlabuh di ANTV. Yang pasti loncat-meloncat memang sudah biasa di kalangan penyiar berita. Ada yang sukses menaikkan nama mereka di stasiun baru, namun ada juga yang akhirnya malah tenggelam dan akhirnya hilang entah kemana setelah keluar dari stasiun TV lama mereka. Ada yang pindah karena motivasi tidak nyaman lagi di stasiun yang lama, karena dibajak, atau ikut rombongan sesama rekan-rekan mereka ke stasiun baru.

Fessy Alwi, yang kini menjadi penyiar berita di Metro TV, sebelumnya adalah awak dari ANTV. Boleh dikata, nama Fessy Alwi makin berkibar setelah hijrah ke Metro TV. Saat ini, penyiar berwajah Arab ini menjadi salah satu penyiar utama di stasiun TV berita pertama di Indonesia ini. Ia menjadi andalan di program berita utama, acara talkshow, atau program breaking news. Selain Metro TV dan ANTV, Fessy Alwi juga tercatat pernah menjadi penyiar berita di RCTI.

Selain Fessy Alwi, ritual pindah stasiun TV juga dilakoni oleh banyak presenter berita lain. Di Metro TV ada Eva Julianti yang sebelumnya di SCTV, dan Nina Melinda yang sebelumnya di Trans7. Di RCTI ada Isyana Bagoes Oka yang sebelumnya di Trans7. Di ANTV, selain Ziza Hamzah, ada Fitri Megantara yang sebelumnya mengudara di Trans TV dan Astro TV.

Sebenarnya ada yang menarik kalau berbicara tentang ANTV. Ketika TV ini berusaha memperbaiki citra dengan mengubah format acara dan wajah pada tahun 2006 silam, mereka banyak membajak penyiar berita dari stasiun TV lain. Ada nama Fessy Alwi (RCTI), Valerina Daniel (Metro TV), Indy Rahmawati (SCTV), dan Grace Natalie (SCTV). Namun, rupanya program berita ANTV masih belum bisa mengalahkan TV lain. Akhirnya, semua presenter tadi pun memilih hengkang.

Beberapa orang memilih pindah ke Lativi, yang kemudian berganti nama menjadi TvOne dengan format stasiun berita. TV ini memang terlihat gencar membajak presenter berita yang dianggap punya karaktar kuat dari hati pemirsa. Ada nama Indy Indy Rahmawati dan Grace Natalie dari ANTV. Ada Alfito Diannova dan Indiarto Priadi dari SCTV. Tina Talisa, yang pindah dari Trans TV, juga makin naik daun begitu hijrah ke TvOne. Nama lain adalah Rahma Sarita dari Metro TV dan Ratna Dumila dari Trans TV.

Sekali lagi, ada presenter berita yang makin ngetop setelah pindah stasiun, namun ada juga yang akhirnya tenggelam dan menghilang begitu mereka lompat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar