Kamis, 17 Juni 2010

Adipura bagi Kota Tangerang

Selamat untuk Kota Tangerang yang akhirnya bisa mendapatkan Adipura di tahun 2010 ini. Bisa jadi, penghargaan ini sangat berkesan bagi para pejabat di Kota Tangerang. Bagaimana tidak, beberapa tahun lalu, Kota Tangerang pernah mendapatkan predikat sebagai salah satu kota terjorok di Indonesia. Predikat tidak enak itu, kini sudah bisa terhapus dengan mendapatkan Adipura.

Hebatnya lagi, Kota Tangerang mendapatkan Adipura sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Daftar Kota Metropolitan Peraih Piala Adipura 2010 adalah Palembang (Kota Palembang), Jakarta Pusat (Kota Administrasi Jakarta Pusat), Jakarta Selatan (Kota Administrasi Jakarta Selatan), Surabaya (Kota Surabaya), Tangerang (Kota Tangerang), Jakarta Utara (Kota Administrasi Jakarta Utara), Jakarta Timur (Kota Administrasi Jakarta Timur), Jakarta Barat (Kota Administrasi Jakarta Barat), dan Bekasi (Kota Bekasi).

Kabarnya, sebagai bentuk kegembiraan atas keberhasilan mendapatkan Adipura, maka penghargaan itu pun diarak-arak berkeliling Kota Tangerang. Acara ini dimulai dari Balaikota dan berlanjut ke sejumlah ruas jalan di sana, dan berakhir kembali di balaikota. Sambutan masyarakat pun cukup ramai yang tentu saja semakin membuat gembira para pejabat di sana.

Biasanya, kota-kota yang pernah mendapatkan Adipura, akan membuat sebuah monumen berbentuk piagam Adipura di kota mereka. Nah, kita tunggu saja apakah Kota Tangerang juga akan membuat hal yang sama. Tapi, tidak salah juga sih membuat monumen seperti itu. Apalagi, Kota Tangerang sepertinya memang miskin dengan patung. Jangankan patung, penghijauan saja baru digalakkan dalam setahun terakhir ini.

Kini, memang hampir semua jalan-jalan utama di Kota Tangerang sudah mulai hijau oleh pohon-pohon yang berbaris rapi di pinggir jalan dan median jalan. Karena baru ditanam, setiap pohon memang belum terlalu tinggi. Tapi, kita tunggu saja dalam beberapa tahun lagi....

Untuk tahun 2010, total ada 140 kota dan kabupaten se-Indonesia yang mendapatkan Adipura. Penerima Piala Anugerah Adipura tersebut terdiri atas 9 Kota Metropolitan, 4 kota besar, 41 kota sedang, dan 86 kota kecil.

Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Dalam penilaiaannya, kota terbagi dalam 4 kategori yakni kota metropolitan (berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa), kota besar (500.001-1.000.000 jiwa), kota sedang (100.001-500.000 jiwa), dan kota kecil (kurang dari 100.000 jiwa).

Penganugerahan Adipura dilaksanakan setiap tahun sejak 1986 sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Namun sempat terhenti pada periode 1998-2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar