Kamis, 10 Juni 2010

Mari Memberitakan Ariel-Luna Maya-Cut Tari

Dalam 5 hari ini, sungguh heboh berita tentang beredarnya 3 video mesum yang mirip sekali dengan vokalis Peterpan, Ariel, presenter musik Luna Maya, dan presenter Infotainment merangkap pemain sinetron, Cut Tary. Semua media memberitakannya. Yang lebih dahsyat lagi, pemberitaan oleh program infotainment. Komplit banget, walau terkadang vulgar. Pemberitaan mereka sangat mengalahkan pemberitaan di program-program berita reguler semua stasiun TV. Ini bisa jadi karena akses dan lobi infotaiment memang jauh lebih luas daripada jurnalis berita biasa.


Yang menarik lagi untuk disimak adalah bagaimana semua TV memberitakan kasus video mesum ini. Luna Maya yang identik sebagai presenter acara musik Dahsyat di RCTI, rupanya tidak mendapatkan perlakukan istimewa di stasiun itu. RCTI tetap memberitakan kasus video mesum itu apa adanya. Bahkan, program SILET sudah beberapa kali mengupas habis kasus ini. Begitu juga dengan semua acara infotainment lain di stasiun TV milik grup MNC ini.

Hal lain dilakukan oleh Trans TV, tempat Cut Tari biasa memandu acara Insert. Pemberitaan kasus video mesum ini lebih banyak mengulas tentang Ariel-Luna Maya. Kalaupun Cut Tari tetap diberitakan, maka porsi gambar tetap lebih banyak Luna Maya. Entah ini menjadi kebijakan di Trans TV atau tidak, yang pasti bagi penonton yang kritis, mereka pasti akan merasakan keganjilan ini.

Apalagi saat melihat program Insert tadi pagi. Berita video mesum tidak ditempatkan di berita pertama. Berita ini baru ditampilkan di tengah. Sangat berbeda dengan dua acara infotainment lain yang sama-sama tayang pada jam yang sama, yakni WAS-WAS (SCTV) DAN GO SPOT (RCTI). Berita tentang Ariel-Luna Maya-Cut Tari langsung digeber sejak awal dan hampir mengambil seluruh segmen yang ada.

2 komentar:

  1. Anonim12:34 PM

    mas mau tanya,,,
    tau gak tanggal berapa mulai muncul berita luna dan ariel di SILET dan berapa hari diberitakan di SILET?
    thnks,,,

    BalasHapus
  2. wah, saya sendiri tidak tau persis. Tapi, perkiraan saya adalah satu hari setelah beredarnya video itu, SILET langsung menggarapnya. Kalau Video Ariel-Luna Maya mulai membuat heboh pada tanggal 4 Juni 2010, maka mungkin (sekali lagi mungkin) cerita itu muncul di SILET pada esok siangnya, yakni tanggal 5 Juni 2010.

    Kalo ditanya berapa hari diberitakan, saya juga tidak tahu persis. Namun, saya sendiri sempat menyaksikannya berhari-hari. Saya perkirakan minimal seminggu, kisah video itu dibahas setiap hari.

    Btw, sepertinya Anda sedang melakukan penelitian tentang hal ini?

    BalasHapus