Kamis, 14 Oktober 2010

Timur Pradopo Kapolri Keberapa?

Timur Pradopo duduk sendirian di deretan bangku-bangku itu. Sebuah monitor komputer ada di sisi kanannya. Sedangkan di sisi kirinya terdapat sebuah laptop. Secara serius, ia mendengarkan satu-persatu pertanyaan yang dilontarkan oleh para anggota Komisi III DPR RI. Sebentar kemudian, ia pun menjawab semua pertanyaan itu. Si penanya puas dan akhirnya Timur pun lolos menjadi Kapolri baru, untuk menggantikan Bambang Hendarso Danuri yang bulan ini sudah harus pensiun.

Dari mukanya, anggota polisi berbintang 3 ini sepertinya murah senyum dan ceria selalu. Bahkan, dalam setiap kesempatan muncul di layar kaca, senyum itu sangat mudah terlihat. Namun, selama hampir tiga jam mengikuti 'ujian' di ruang Komisi III ini, aku sangat jarang menikmati senyum itu. Apakah sang calon kapolri pilihan Mister SBY ini sedang tegang, ataukah alasan lain, aku sendiri tidak mendapatkan jawabannya.

Yang pasti, Timur Pradopo lolos 'ujian' ini. Ia pun segera naik pangkat menjadi jenderal berbintang empat. Kalau tidak ada halangan, mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Metro Jaya ini, akan dilantik menjadi kapolri pada akhir Oktober ini.

Sebenarnya nama Timur Pradopo tidak muncul tiba-tiba dalam bursa calon kapolri. Memang, namanya muncul belakangan dan orang sering menyebutnya sebagai kuda hitam akibat kebuntuan dalam pencaloan nama Nanan Soekarna dan Iman Soejarwo. Tapi, sekali lagi, sejak awal, nama Timur Pradopo memang sudah menggema.

Nama mantan Kapolres Jakarta Barat dalam peristiwa Tragedi Trisakti 98 ini, sejak awal diprediksi sebagai salah satu dari tiga calon kapolri. Dua nama lainnya adalah Nanan Soekarna dan Oegroeseno. Silahkan baca tulisan saya berjudul Kapolri Pengganti Bambang Hendarso Danuri yang saya posting tanggal 13 Juni 2010 lalu.

Dalam tulisan saya itu, Timur Pradopo memang saya sebut punya kans lebih kecil daripada Oegroeseno maupun Nanan Soekarna. Pasalnya, Timur baru saja mendapatkan promosi sebagai Kapolda Metro Jaya. Saat itu, saya memperkirakan Oegro-lah yang akan dipromosikan menjadi bintang 3 sebagai Kababinkam. Namun, ternyata Timur-lah yang menempati posisi itu.

Selamat untuk Pak Timur Pradopo. Selamat Bertugas, Jenderal!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar