Senin, 28 Februari 2011

Bagaimana Cara Kaya

Di sejumlah buku mengenai bagaimana hidup bergelimang harta alias kaya raya, ada banyak langkah yang bisa kita tempuh. Namun, beda buku tentu berbeda juga caranya. Hanya saja, secara garis besar, sebenarnya cara menjadi kaya-raya itu hampir sama saja dimana-mana.

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana bisa kaya raya dari dua kiblat alias dua buku yang berbeda yang pernah saya baca. Keduanya adalah Robert Kiyosaki dan Robert G Allen. Saya suka dengan buku-buku kedua orang ini karena begitu jelas mengajari pembacanya langkah demi langkah demi mencapai kaya-raya tadi.

Buku Kiyosaki yang paling terkenal adalah Rich Dad Poor Dad. Sedangkan buku Allen yang paling ngetop adalah Nothing Down.

Menurut Robert Kiyosaki, kita bisa menggunakan tiga kendaraan menuju kaya-raya. Ketiganya adalah Property, Paper Asset, dan Bisnis. Anda pasti sudah paham lah bagaimana kaya-raya lewat Property. Sudah banyak orang yang jadi milyader lewat cara ini. Misalkan saja Mochtar Riyadi, Ciputra, dan masih banyak lagi yang lainnya. Orang-orang hebat ini sudah mengembangkan begitu banyak kompleks perumahan, mall dan plaza, superblok, hingga kompleks pemakamanan supermewah. Sepertinya tanah mereka tidak habis-habis untuk dibangun.

Kendaraan kedua menurut Kiyosaki, adalah kaya lewat Paper Asset. Anda mungkin masih belum paham mengenai istilah ini. Secara garis besar, kaya lewat paper asset artinya kita memupuk kekayaaan lewat surat-surat berharga. Contohnya banyak sekali. Misalkan saja lewat investasi di saham, obligasi, reksa dana, dan sebagainya. Orang yang menjadi milyader lewat cara ini juga sangat banyak. Yang paling ngetop adalah Warren Buffet (benarkan gini tulisannya?, hehehe).

Nah, kendaraan ketiga adalah kaya-raya lewat bisnis. Kalo yang ini sepertinya saya tidak perlu menjelaskan lagi lah. Hehehe..... Orang yang kini menjadi kaya raya lewat bisnis antara lain Aburizal Bakrie, Chairul Tanjung, Martua Sitorus, dan lain-lain.

Kendaraan untuk menjadi milyader lain, diuraikan oleh Robert G Allen, seorang investor property dari negeri Paman Sam. Orang ini tiba-tiba saja ngetop ketka suatu hari menantang sebuah harian besar di AS. Tantangannya adalah, kirim dia ke sebuah kota dengan uang saku ala kadarnya, naka ia akan mampu membeli properti mewah di sana. Nah, ia menjadi ngetop ketika berhasil membuktikan tantangannya itu. Slogan membeli properti tanpa modal, bahkan mendapatkan duit, hingga hari ini masih menarik perhatian orang.

Kemarin, saya kembali menyelesaikan membaca salah satu bukunya Robert G Allen yang berjudul The Ultimate Money Machine. Sebenarnya, buku ini sudah pernah saya baca beberapa waktu lalu. Karena ingin kembali mengingat isinya, maka minggu lalu saya kembali membaca buku ini hingga tuntas. Setidaknya, setelah membaca buku ini, saya mendapatkan banyak inspirasi dan hebatnya lagi, mampu kembali membakar semangat saya dalam mengejar target-target yang sudah saya susun. Hehehe....

Menurut Allen, ada banyak sumber pendapatan yang bisa membuat orang menjadi milyader. Antara lain:

1. MLM.
Saya pikir bisnis ini kurang begitu berkembang di Indonesia. Memang ada banyak perusahaan yang menjual barang mereka lewat cara MLM. Sebut saja Amway, CNI, Tupperware, atau sejumlah perusahaan obat-obatan. Saya juga pernah ditawari untuk menjadi anggota Amway maupun CNI dengan iming-iming bisa mendapatkan mobil atau rumah bila sudah mencapai target tertentu. Banyak teman saya yang menjadi menjalankan bisnis MLM, tapi sepertinya penghasilan mereka tidak ada yang fantastis amat. Saya belum dapat info lagi tentang apa bisnis MLM yang kini sedang laris manis di Indonesia. Yang pasti, di dalam bukunya ini, Allen menjelaskan banyak trik dan strategi agar bisa mendulang banyak dollar lewat bisnis MLM. Anda tertarik? Silahkan baca buku ini saja. Hehehe....

2. Bisnis Informasi.
Sesuai dengan namanya, maka benang merah bisnis ini tentu saja adalah informasi. Robert G Allen sangat membakar semangat saya dengan uraiannya mengenai bisnis ini. Tiba-tiba saja muncul banyak ide di dalam pikiran saya. Salah satunya ya membuat artikel ini. Hehehe... Yang pasti, Allen memberi contoh begitu banyak orang yang bisa mendulang dollar hingga jutaan hanya dengan menjual informasi lewat buku atau sebagainya. Langkah-langkah yang ditawarkan oleh Allen sangat sederhana dan sangat mudah dipakai. Menurut dia, orang tidak perlu menjadi pakar, baru bisa membuat buku yang meledak. Apa yang kita suka dan gemari, sudah bisa dibukukan tanpa perlu kita menunggu dulu bisa menjadi jagoan dalam hal yang kita gemari itu. Betul kan?

3. Internet
Ini yang mungkin sedang berkembang di Indonesia dan juga dibelalan dunia lain. Maklum saja, internet sedang booming di republik ini. Apalagi kini sedang marak jualan secara online. Tapi, sebenarnya mendulang rupiah lewat internet tidak hanya dengan cara jualan online. Ada banyak cara lain, apalagi bila kita mengerti membuat program. Yang pasti, di dunia ini sudah banyak orang yang menjadi milyader lewat internet. Sebut saja misalnya, pemilik Facebook, Google, Twitter, dan sebagainya. Anda pernah mendengar nama Asri Tadda? Nah, orang Makassar ini sukses menjadi interpreneur dan mendulang dollar hanya lewat bisnis blog yang ia kembangkan. Silahkan Anda cari info orang ini lewat Om Google. Hehehe....

4. Property.
Robert G Allen adalah ahli dalam bidang ini. Karena itu, penjelasannya sangat panjang dan lengkap soal yang ini. Ia membagi ilmu bagaimana beternak property agar koleksi property kita beranak-pinak dan bisa diwariskan ke anak cucu. Tapi, menurut saya, tidak semua ilmunya ini bisa diterapkan di Indonesia. Pasalnya, aturan Indonesia dan AS soal property tidak lah sama. Namun, semangat dan inspirasi yang diberikan oleh seorang Allen dalam bukunya ini, sungguh luar biasa.

5. Saham
Robert G Allen menceritakan bagaimana beternak uang lewat Saham dengan ulasan yang sangat panjang. Namun, sekali lagi, aturan di Indonesia juga berbeda dengan di negaranya terkait pasar modal. Karena itu, informasi yang dibaginya juga tidak bisa diterapkan mentah-mentah di Indonesia. Namun, sekali lagi, yang paling penting dari buku ini adalah soal inspirasi bagi semua pembacanya. Menurut saya, yang paling mudah diterapkan dari buku ini adalah dengan memakai pola DCA untuk kaya lewat paper asset. DCA atau dollar cost averaging adalah menimbun saham sedikit demi sedikit namun rutin tiap saat (misalnya tiap bulan).

6. Membayar Pajak orang lain
Nah, yang ini sepertinya masih susah diterapkan di Indonesia. Saya sendiri belum pernah membaca ulasan bagaimana orang di Indonesia menjadi kaya karena membayar pajak orang lain. Mungkin penyebabnya adalah karena aturan perpajakan kita juga berbeda dengan di AS.

Nah, itulah beberapa sumber penghasilan yang diulas oleh dua pakar berbeda agar kita menjadi kaya-raya. Anda tertarik dengan cara yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar