Jumat, 11 Maret 2011

Inilah Orang Paling Kaya di Indonesia 2011

Tahu kah Anda siapa orang paling kaya di Indonesia tahun 2011 ini? Namanya R Budi Hartono. Nama ini mungkin tidak begitu beken di masyarakat. Tidak seperti sejumlah konglemerat lainnya, Budi Hartono memang sangat jarang muncul ke publik. Bahkan, untuk mencari fotonya saja, susahnya bukan main. Tapi, dibalik misterinya pria ini, R Budi Hartono adalah orang paling kaya di republik ini. Total kekayaannya sekitar US$ 5 miliar, atau sekitar Rp 45 triliun. Wow!

Hebatnya lagi, posisi kedua orang paling kaya di Indonesia ditempati oleh Michael Hartono, dengan kekayaan yang sama dengan R Budi Hartono, yakni US$ 5 miliar atau Rp 45 triliun.

Budi dan Michael memang kakak-adik. Mereka adalah pewaris tahta kelompok usaha Djarum. Mesin uang milik mereka yang paling tokcer ya apalagi kalau bukan semua rokok merek Djarum. Mereka juga sebagai pemilik Bank BCA. Nah, bank terbesar swasta di Indonesia ini saja, tahun 2010 lalu berhasil memcetak laba sekitar Rp 8 triliun. Edan!

Grup Djarum juga punya mesin uang lainnya, seperti superblok Grand Indonesia yang berada jantung bisnis Jakarta. Selain itu, mereka juga menguasai perkebunan sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat. Djarum yang sudah dilarang di Amerika Serikat sejak 2009 bersama sejumlah rokok kretek lainnya, juga telah meluncurkan Dos Hermanos, sebuah cerutu premium hasil racikan tembakau Indonesia dan Brasil.

Adalah Majalah Forbes yang mengungkapka
n pasangan kakak-adik ini sebagai orang paling makmur di Indonesia. Majalah ini memang saban tahun merilis daftar orang paling kaya di dunia. Kalau tidak salah, seseorang disebut kaya bila memiliki kekayaan minimal US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9 triliun. Nah, tanggal 10 Maret 2011 kemarin, majalah ini kembali merilis daftar orang paling kaya sedunia. Dari 1.210 orang yang memiliki kekayaan minimal US$ 1 miliar, ada 14 orang Indonesia yang berjokol di sana. Posisi mereka memang masih jauh dari urutan sepuluh besar.

Ini-lah nama-nama ke-14 orang itu:

1. R. Budi Hartono US$ 5 miliar (posisi 208)
2. Michael Hartono US$ 5 miliar (posisi 208)
3. Low Tuck Kwong US$ 3,6 miliar (posisi 304)
4. Martua Sitorus US$ 2,7 miliar (posisi 420)
5. Peter Sondakh US$ 2,4 miliar (posisi 488)
6. Sri Prakash Lohia US$ 2,1 miliar (posisi 564)
7. Kiki Barki US$ 2 miliar (posisi 595)
8. Sukanto Tanoto US$ 1,9 miliar (posisi 651)
9. Edwin Soeryadjaya US$ 1,6 miliar (posisi 782)
10. Garibaldi Thohir US$ 1,5 miliar (posisi 833)
11. Theodore Rachmat US$ 1,3 miliar (posisi 9
38)
12. Chairul Tanjung US$ 1,1 miliar (posisi 1057)
13. Murdaya Poo US$ 1,1 miliar (posisi 1057)
14. Benny Subianto US$ 1 miliar (posisi 1140)

Lantas, siapa 10 orang paling kaya sejagat raya?
Nah, ini-lah orangnya:


Carlos Slim Helu adalah Taipan asal Meksiko. Tahun ini ia tetap menjadi orang terkaya di dunia, karena kekayaan konglomerat telekomunikasi ini bertambah 20,5 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu menjadi 74 miliar dollar AS.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, dan pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffet, yang hartanya "hanya" bertambah 3 miliar dollar AS harus puas berada di posis kedua dan ketiga dengan masing-masing nilai kekayaan sebesar 56 miliar dollar AS dan 50 miliar dollar AS. Yang menarik, 70 persen sumber kekayaan Gates ternyata bukan dari Microsoft, melainkan dari hasil investasi di Meksiko. Gates berinvestasi di pasar saham, perusahaan minuman ringan Femsa dan Grupo Televisa di negeri tersebut.

Posisi keempat ditempati pria Perancis sekaligus orang terkaya di Eropa, Bernard Arnault, yang mempunyai harta senilai 41 miliar dollar AS. Harta Arnault melonjak 13,5 miliar dollar AS berkat kepemilikan sahamnya di perusahaan produk-produk mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH).

Di posisi kelima ada Larry Ellison, pendiri perusahaan Oracle, dengan kekayaan 39,5 miliar dollar AS. Di urutan keenam adalah Lakshmi Mittal, konglomerat baja India dengan nilai 31,1 miliar dollar AS.

Adapun Amancio Ortega dari Spanyol dengan kekayaan 31 miliar dollar AS menduduki posisi tujuh, kedelapan Eiko Batista dari Brasil (30 miliar dollar AS), kesembilan Mukesh Ambani dari India (27 miliar dollar AS), dan di posisi 10 ditempati pemilik ritel raksasa Walmart Keluarga Christy Walton dengan harta 26,5 miliar dollar AS.

Pendiri Facebook juga Milyader
Dari 1.210 milyader dunia versi Forbes ini, enam pendiri dan investor jejaring sosial Facebook juga sukses menempatkan diri dalam daftar miliarder ini. Pendiri dan Eksekutif Kepala Facebook Mark Zuckerberg menduduki posisi 52 dengan daftar kekayaan sebesar US$13,5 miliar (sekitar Rp118,6 triliun). Zuckerberg naik dari posisi 122 setelah kekayaannya bertambah sebanyak US$4 miliar (sekitar Rp35,1 triliun).

Pendiri Facebook lainnya Dustin Moskovitz yang baru berusia 26 tahun menjadi miliarder termuda yang berada dalam daftar keluaran Forbes tersebut. Empat perwakilan Facebook lainnya yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia tersebut adalah pendiri Facebook Eduardo Saverin, investor Sean Parker, Yuri Milner, serta Peter Thiel.

Diciptakan di sebuah kamar di gedung asrama Universitas Harvard pada 2004, Facebook meroket dari sekedar direktori daring bagi mahasiswa menjadi jejaring sosial nomor satu di dunia melewati pendahulunya Friendster. Saat ini Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna dan menjadi ancaman bagi perusahaan raksasa laman daring seperti Google dan Yahoo untuk meraup iklan. Kabarnya, Indonesia telah menduduku posisi nomor dua di dunia sebagai negara yang penduduknya paling banyak menggunakan Facebook.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar