Jumat, 11 Maret 2011

Kengerian Tsunami Jepang

Tsunami telah meluluhlantahkan Jepang hari ini. Tsunami ini bahkan diperkirakan jauh lebih hebat daripada tsunami Aceh, 2004 silam. Tsunami menyapu sejumlah kota di negeri matahari terbit ini, setelah sebuah gempa dahsyat dengan kekuatan 8,9 SR menggunjang Jepang.

Gempa ini kabarnya paling dahsyat di Jepang dalam kurun waktu 140 tahun terakhir. Kepanikan melanda seluruh penduduk. Rasa-rasanya, kiamat sepertinya datang lebih awal di negeri asal Maria Ozawa alias Miyabi ini.

Berita tsunami di Jepang ini sampai ke Indonesia setelah TV-TV nasional memberitakannya secara terus menerus sejak pukul 13.00 WIB. Metro TV bahkan segera menayangkan program braeaking news. Jadwal acara yang sudah disusun pun akhirnya ditabrak oleh program ini. Metro TV pun menayangkan video-video suasana tsunami yang diambil dari siaran NHK dan sejumlah TV asing lain. Kalau dalam istilah broadcasting, ini namanya pacing, yakni sebuah stasiun TV yang menayangkan program di sebuah stasiun TV lain yang sedang on air.

Gambar-gambar yang ditayangkan memang sungguh dahsyat. Bahkan, mungkin lebih dramatis daripada video amatir detik-detik tsunami Aceh. Pasalnya, di layar TV tampak suasana sebuah kota di Jepang yang sedang disapu bersih oleh gelombang tsunami. Gambar yang diambil dari atas sebuah helikopter bisa memberikan pemandangan yang sungguh menakutkan siapa saja. Tanpa ada kata pengantar dari si presenter pun, setiap penonton pasti akan terus menonton visual di layar TV mereka.

Agar lebih komplit, Metro TV pun berusaha menghubungi beberapa orang Indonesia di Jepang. Bahkan, Stasiun TV berita pertama di Indonesia ini, bisa melakukan wawancara via telepon dengan Duta Besar Indonesia di Jepang, M Luthfi, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang sedang berada di negeri Sakura itu.

Kabarnya, gempa besar 8,8 SR yang mengguncang Jepang, telah memicu tsunami dahsyat di sejumlah wilayah. Wilayah Miyagi yang pertama kali dikabarkan diterjak ombak besar. Tsunami juga dilaporkan telah melanda Kota Kamaichi yang berada di sebelah utara Jepang. Hampir seluruh kota tersebut hancur luluh lantah dan terendam air hingga 10 meter. Sementara itu di Yokohama, kebakaran terjadi di mana-mana. Asap hitam terpantau di area Isogo, Yokohama.

Tampaknya, berita tsunami Jepang ini bakal menjadi berita utama media dalam beberapa hari ke depan di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar