Minggu, 31 Juli 2011

MAZDA MX-5 UNTUK ANDA YANG BERJIWA BEBAS

Entah sudah berapa banyak pasang mata yang memandangi Mazda MX-5 yang dipajang di sudut kanan stand Mazda di Indonesia International Motor Show 2011. Aku menjadi saksi mata bagaimana puluhan pasang mata atau mungkin ratusan, tampak asyik melihat-lihat kemewahan yang dibalut dengan jiwa yang sporty yang terdapat pada Mazda MX-5.

Dari tatapan mata mereka, aku yakin mereka kagum sekali dengan Mazda MX-5. Mobil bertipe sport berwarna copper red mica yang ada di hadapan mereka ini, seperti seorang gadis cantik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pandangan mata-mata yang hadir tersebut menunjukkan satu hal, yakni keinginan untuk bisa memiliki Mazda MX-5.

Tapi, biarlah mereka terkagum-kagum dengan mobil keluaran terbaru dari PT Mazda Motor Indonesia ini. Itu hak mereka. Sama seperti diriku, tidak ada yang memaksa mereka untuk jatuh cinta dengan Mazda MX-5. Tapi, seharusnya mereka tahu kalau mobil ini didesain tidak hanya enak untuk dilihat, melainkan juga begitu nyaman untuk dikendarai.

Mazda MX-5 memang hadir di Indonesia untuk menjadi ikon baru mobil jenis sport. Mobil ini didesain untuk dua orang penumpang. Bentuknya oke banget. Sebab, Mazda MX-5 memang diciptakan untuk gaya hidup dinamis. Tidak heran kalau Mazda MX-5 telah memenangkan banyak sekali penghargaan di dunia. Salah satunya adalah, pemegang gelar “Best-Selling Two-Seater Sports Car” dari Guinness Book of World Records.

Konsep di balik pembuatan Mazda MX-5 adalah semangat Jinba Ittai, yang artinya adalah hubungan yang intim antara mobil dan pengemudi, serupa dengan sinergi antara kuda dan pengendaranya yang bergerak sebagai satu kesatuan. Mazda menghadirkan Mazda MX-5 sesuai karakteristik jalan dan iklim Indonesia, dan diciptakan untuk mereka yang rindu akan mobil bergaya sport.

Slogan gaya hidup dinamis yang diusung oleh Mazda MX-5 tidak hanya sebatas kata-kata saja. Salah satu buktinya adalah, Mazda MX-5 memiliki atap versi RHT (Retractable Hard Top) yang mudah dibuka tutup hanya dalam waktu 12 detik. Dengan membuka central lock atap dan menekan tombol, maka jendela akan bergerak turun dan atap akan terlipat masuk secara otomatis. Hebatnya lagi, kecepatan membuka tutup tidak dipengaruhi oleh volume barang yang dibawa dalam bagasi. Kita pun selalu bisa berkonsentrasi penuh saat mengemudi, bahkan ketika cuaca tiba-tiba berubah.



Mazda menciptakan atap yang bisa dibuka tutup pada Mazda MX-5 bukan hanya untuk aksesoris yang justru bisa membahayakan pengendaranya. Sebab, faktor keamanan sudah diperhitungkan dengan sangat teliti. Badan mobil sudah dirancang untuk menahan angin saat atap terbuka, sehingga kita bisa menikmati sejuknya angin tanpa takut terkena turbulensi.

Saat atap mobil dibuka, kita juga tidak perlu khawatir kapasitas bagasi akan berkurang. Sebab, atap yang dilipat tadi akan masuk ke dalam badan mobil sehingga tidak mengambil tempat di bagasi. Prestasi ini membiuat Mazda MX-5 menjadi satu-satunya mobil convertible yang sukses melipat atap tanpa mengambil tempat di bagasi. Kapanpun, kita tetap bisa menikmati luasnya bagasi Mazda MX-5 yang kapasitasnya mencapai 150 liter, termasuk saat atap sedang dibuka.



Jok mobil juga sudah memiliki aero board yang berfungsi untuk menahan angin agar tidak berhembus terlalu kencang, sekaligus menjaga barang di dasbord tetap pada tempatnya. Hebatnya lagi, Mazda MX-5 menggunakan jok RECARO, yang merupakan fitur standar. Jok ini dibuat dari bahan kulit dan suede berkualitas premium. Agar semakin membuat nyaman, maka jok dapat dimaju-mundurkan dengan total sliding 230mm. Jok benar-benar dirancang untuk menjaga pengemudi tetap dalam posisi stabil saat belok maupun lurus.

Soal mesin juga tidak perlu diragukan lagi. Mazda MX-5 menggunakan mesin MZR 2.0 yang menghasilkan output maksimal sebesar 90% pada putaran mesin 2500 rpm ke atas (kisaran yang paling sering digunakan dalam berkendara sehari-sehari). Mesin Mazda MX-5 yang tangguh tadi semakin dilengkapi oleh suspensi wishbone ganda di bagian depan dan belakang mobil.

Mazda MX-5 dilengkapi tombol up and down untuk memindahkan gigi tanpa mengganggu konsentrasi mengemudi dan mengontrol sistem audio. Cluster meter Mazda MX-5 memiliki lensa yang bentuknya persis seperti mobil sport klasik dan mudah dibaca saat mengemudi. Mobil ini juga dilengkapi dengan transmisi Six-speed Activermatic, yang memiliki Active Adaptive Shift (AAS) sehingga Mazda MX-5 akan selalu bergerak dengan stabil dan gesit di jalan lurus ataupun berbelok-belok.

Seluruh perpaduan ini akhirnya menghasilkan sebuah mobil yang sangat nyaman untuk dikendarai. Apalagi, Mazda MX-5 dilengkapi dengan sensasi suara mobil sport yang pasti semakin menambah keyakinan ketika berkendara, baik di dalam kota maupun ketika sedang berpetualang ke luar kota. Sensasi ini semakin komplit dengan fitur peredam getaran dan guncangan. Mazda MX-5 semakin sempurna oleh efisiensi aerodinamis yang tinggi untuk menjaga kestabilan, mengurangi kebisingan, dan memastikan bahan bakar tetap hemat saat melaju cepat.

Tidak salah memang, kalau Mazda mengklaim Mazda MX-5 sebagai mobil sport yang didesain khusus untuk kenyamanan berkendara. Sebab, segala keistimewaan yang dibutuhkan pengagum mobil sport, diberikan di Mazda MX-5. Di sini, segalanya telah didesain dengat cermat. Misalkan saja, jendela belakang yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, serta garis lekukan atap yang menyatu dengen keseluruhan desain.

Begitu juga halnya dengan area kabin Mazda MX-5 yang memiliki kenyamanan dan kualitas tinggi, dengan fitur-fitur klasik yang diperbaharui. Panel kontrol juga dibuat mudah diraih dan instrumen-instrumen yang mudah dilihat.

Mazda juga tidak melupakan faktor keamanan. Untuk melindungi penumpangnya dari kecelakaan, Mazda MX-5 memiliki Mazda Advanced Impact Distribution And Absrption System (MAIDAS) dan teknologi dual front and side SRS Airbags, yang memiliki desain khusus yang melindungi kepala dan dada.


Bagi yang gemar mendengarkan musik ketika sedang berkendara, maka Mazda MX-5 pun memanjakan orang-orang seperti ini. Kecanggihan audio premium dari Bose dengan tujuh speakers yang ada di Mazda MX-5, tetap memberikan suara berkualitas tinggi saat atap terbuka maupun tertutup. Kita pun bebas menikmati musik favorit kapanpun dan dimanapun. Hebatnya lagi, Mazda MX-5 juga dilengkapi audio pilot yang secara otomatis dapat menyesuaikan kualitas suara saat kendaraan berada di tempat ramai atau sebaliknya.

Mazda MX-5 mulai diperkenalkan di Indonesia dalam acara Indonesia International Motor Show 2011. Ada tiga warna yang bisa dipilih, yakni copper red mica, crystal white pearl, dan stromy blue. Untuk segala kemewahan yang diberikan oleh Mazda MX-5, harga yang ditawarkan per unitnya adalah Rp 590 juta. Bandingkanlah harga ini beserta kesempurnaan yang diberikan dengan mobil sport merek lain, dan saya yakin, Anda sepakat memberikan dua jempol ke Mazda MX-5.

Foto-Foto by Edi Ginting

6 komentar:

  1. Ini mobil keren luar dalam :D
    aku sampe terpesona hehe

    BalasHapus
  2. penulisan posting yg panjang tapi tidak membuatku malas membacanya :D

    BalasHapus
  3. @Anny+Trisnoaji: Hehehe.... trims buat komen-komennya. kira-kira kapan ya kita bisa janjian kumpul dengan membawa Mazda MX-5 masing-masing? Mmm....

    BalasHapus
  4. Gw dah pake tuh MX5, br sebulan gw pakenya, tp ada satu yg kurang....
    Kurang lawan... Hahahahhahhaaa....
    MX5 emang mmmmm.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEREN... Ceritakan dong pengalaman mengendarai MX-5 ini mas, biar semakin tidak ada lawan, krn semakin banyak yg jatuh cinta dengan MX-5 ini.

      Hapus
    2. MX-5 sangat nyaman dikemudikan, tenaga besar dengan body yang mungil.
      Salah satu Mobil yang paling sukses dari Mazda.
      BBM juga hemat, 1:10, kecepatan 190 kmh mudah dicapai. It's fun driving this car.

      Artikel Bang Ginting saya posting di Grup MX-5 di Facebook https://www.facebook.com/groups/386568014725545/
      Bagi para fans dan pemilik MX-5 diharap gabung untuk share info, photo dll tentang MX-5. Salam

      Hapus