Minggu, 14 Agustus 2011

DATANG BAWA DAUN SINGKONG, PULANG BAWA MIE INSTAN


Gambar yang ada di atas ini adalah seorang anak papua yang tinggal di Distrik Tinggi Nambut, Puncak Jaya, Papua. Saya lupa siapa namanya. Saya sudah cari di buku catatan, namun tidak kunjung menemukannya.

Ada cerita sangat menarik yang membuat saya memotret bocah yang terlihat sangat lugu ini. Yakni, mengenai dua bungkus mie instan yang ada dalam genggamannya.

Saat saya sedang berada di sebuah pos TNI di Tinggi Nambut, si anak kecil berkaus kuning tersebut datang dengan membawa dua ikat daun singkong. Ia menenteng daun singkong menuju dapur pos TNI di sebelah kanan pos. Jalannya santai sekali, dan tidak mempedulikan sejumlah pasang mata yang menatapnya, termasuk saya.


Tidak lama kemudian, satu anggota TNI yang sedang memasak di dapur, menghampiri si anak kecil. Daun singkong pun diserahkan ke anggota tersebut, dan membawanya masuk ke dalam dapur. Sebentar kemudian, si anggota TNI tadi kembali menghampiri si anak kecil yang masih berdiri tegak di tempatnya.

Si anggota TN I tersebut lalu menyerahkan dua bungkus mie instan kepada si anak kecil. Begitu mie sudah dalam genggaman, si anak Papua ini pun segera beranjak pergi keluar dari pos dengan muka berseri-seri.


“Sudah biasa seperti ini. Masyarakat menyerahkan hasil bumi mereka kepada kami, seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan umbi-umbian kepada kami. Lalu, kami memberikan mereka beberapa makanan olahan dari kota. Mungkin mereka baru mengenal makanan olahan seperti mie instan dan sebagainya. Dan, sepertinya penduduk di sini cocok dengan rasanya sehingga mereka sepertinya ketagihan,” kata seorang anggota TNI kepada saya.

Rupanya, sudah ada transfer pengetahuan dengan kehadiran pasukan TNI di pelosok-pelosok Papua. Yang tadinya penduduk lokal hanya mengenal umbi-umbian sebagai makanan, maka kini mereka pun mengenal mie instan. Wah, ladang baru bagi produsen mie instan nih.

(Bersambung ke artikel ke-9 dari perjalanan saya ke Papua)
Foto-foto by Edi Ginting



6 komentar:

  1. wahhh... klo daunnya saja dapet mie, klo singkongnya dapet apa ya??

    BalasHapus
  2. hehehe... kira-kira dapat apa ya? mungkin sekardus mie ya mas?

    BalasHapus
  3. kasian skali saudara-2 kita di papua, kita yang hidup dijakarta mudah mendapatkan barng macam tu, segeralah bangun mall besar di papua agar lapangan pekerjaan semakin banyak tuk mereka,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, para pengusaha properti......!!!

      Hapus
  4. hahaha.... mohon maaf numpang sejenak untuk melepas rasa rindu buat papua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papua adalah negeri yang sangat indah mas. Indonesia harus bangga memiliki Papua.

      Hapus