Jumat, 25 November 2011

EDISI PERDANA WIDE SHOT DI METRO TV

Edisi Perdana program WIDE SHOT yang tayang hari ini, sangat sukses. Selama dua jam mengudara, hampir tidak ada gangguan yang berarti. Setidaknya itu yang terlihat di layar dan tanggapan dari banyak pemirsa. Padahal, waktu untuk mempersiapkan edisi perdana ini, sangatlah pendek. Karena itu, ada guyonan di dalam tim WIDE SHOT, bahwa kami sudah sukses membuat candi dalam semalam.

Saya mulai bergabung dam tim WIDE SHOT pada hari rabu, 23 November, setelah mendapatkan surat penugasan. Namun, itupun masih harus double job, karena saya juga masih harus tetap bertanggung jawab dalam program Metro Malam. Sesuai penugasan, saya baru bisa melepaskan program lama pada 25 November 2011.

Karena itu, sebenarnya kami hanya punya waktu tiga hari untuk mempersiapkan edisi penayangan perdana WIDE SHOT ini. Begitu sudah jelas akan on air hari jumat, 25 November, maka kami pun segera duduk bersama untuk membahas apa saja yang akan kami sajikan pada siaran perdana ini. Karena roh WIDE SHOT adalah Citizen Journalism, maka tema-tema yang kami bahas masih seputar soal itu.

Demi suksesnya edisi perdana ini, kami harus menginap di kantor pada kamis malam. Materi-materi yang sudah dibuat oleh seluruh tim sejak hari Rabu, kami lihat lagi satu persatu. Materi yang belum siap, kami kerjakan malam hingga pagi. Kami juga mulai membuat pre-rundown untuk siaran, lengkap dengan cit-cat ketiga presenter. Semuanya kami kerjakan tanpa mengenal lelah demi suksesnya edisi perdana WIDE SHOT ini.

Beragam materi kami siapkan di edisi perdana. Kami siapkan dua Citizen Journalist yang terdiri dari dua mahasiswi, yakni Fransiska Paisal dan Mega F. Yohana. Kami juga menyiapkan beragam paket dokumenter dengan gambar-gabar yang sangat menarik. Tidak lupa sejumlah video amatir yang pernah ditayangkan Metro TV, kembali kami tayangkan. Selain itu, kami juga live report dari sejumlah biro Metro TV di daerah-daerah.

Jumat pagi hingga menjelang siaran, kami matangkan lagi rundown yang akan dipakai. Kami sama sekali tidak sempat mengadakan ujicoba apapun. Rasa ngantuk akibat begadang, sama sekali tidak terasa. Semua tim WIDE SHOT terus semangat untuk mempersiapkan penayangan perdana ini sesempurna mungkin.

Dan, menjelang jam satu siang, segala persiapan sudah selesai. Ketiga presenter WIDE SHOT pun sudah siap di ‘panggung’. Ketiganya adalah, Lucia Saharui, Gilang Ayunda, dan Sumi Yang. Kami percaya, walau ketiga presenter WIDE SHOT ini belum pernah bersatu dalam program lain, namun ketiganya pasti bisa menciptakan suasana yang akrab di layar, selayaknya tiga orang yang sudah bersahabat sangat lama.

Kami pun melangkah ke Control Room. Saya berkesempatan menjadi runnner di edisi perdana WIDE SHOT ini. Entah mengapa saya yang dipilih. Padahal, pengalaman saya menjadi runner juga masih sangat minim. Namun, berkat petunjuk dari yang Maha Kuasa, tugas ini dapat saya emban dengan baik. Waktu on air selama dua jam, terasa sangat pendek. Begitu pendeknya sehingga Anda pun bisa lupa telah menayangkan sebuah program dua jam, yang sama dengan durasi sebuah film di bioskop.

Berkat keandalan semua tim, akhirnya edisi perdana sangat sukses. Rating dan share lumayan untuk sebuah program baru. Yang lebih mengharukan lagi, Direktur Pemberitaan Metro TV Suryopratomo, Pemimpin Redaksi Elman Saragih, dan sejumlah pimpinan lain, langsung memberikan selamat dan menyalami tim satu per satu. Beberapa kotak pizza juga telah disiapkan, yang langsung habis dalam sekejab.

4 komentar:

  1. Anonim10:33 AM

    Salam, saya mau bertanya. Kenapa setiap kali saya mengupload video ke web Metro Wideshoot, selalu tidak berhasil. Katanya "wait approve", padahal saya upload video yang menurut saya sangat bagus, menarik dan aktual. Kalau kelamaan approve-nya, bisa jadi out of date, tidak aktual lagi. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga untuk Anda. Terima kasih atas dukungan Anda terhadap program Wide shot. Silahkan tetap mengupload video milik Anda melalui website www.metrotvnews.com/wideshot, atau kirim via email ke wideshot@metrotvnews.com atau wideshot@ymail.com, atau kirim langsung via pos ke alamat Metro TV Jl Pilar Mas raya Kav A-D, Kedoya, kebon Jeruk, jakarta barat.

      banyak faktor yang menyebabkan mengapa banyak pemirsa yang mengaku kesulitan dalam mengupload. Sistem website masih kami benah agar semakin mudah dalam mengupload. Namun, karena masih banyak pemirsa lain yang tetap berhasil mengupload, sebenarnya proses upload masih bisa.

      Hapus
    2. josua simanjuntak8:14 PM

      bang, saya josua simanjuntak (pemenang ke2 karya jurnalis warga bulan agustus),
      saya mau nanya hadiah pemenang karya jurnalis nya dikirimnya kapan bang?

      sampai bsaat ini belum sampai/pemberitahuan.
      Mohon maaf sebelumnya

      please confirmation

      Hapus
  2. Mau tanya, kalo facebook asli dari wideshot apa ya alamatnya?
    saya nemu banyak bgt facebook wideshot.
    kalo twitternya @wideshotmetrotv kan yang asli?

    BalasHapus