Rabu, 16 Maret 2011

Mencicipi Jeruk dari Pulau Kisar


Sebagai orang yang sangat menggemari buah-buahan, maka kemanapun pergi, saya pasti akan mencari tahu ada buah apa yang khas di sana. Syukur-syukur sedang musim buah tersebut di sana ketika saya datang. Saya pasti mencarinya. Dan kalau sudah dapat, maka pasti saya segera merasakan nikmatnya makan buah tersebut. Kalau perlu, sampai sepuas-puasnya.

Begitu juga ketika saya berkesempakatan berkunjung ke Pulau Kisar, sebuah pulau terluar Indonesia yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, beberapa waktu lalu. Sejak di perjalanan dengan menggunakan kapal Pelni KM Pangrango dari Kupang, saya dapat info kalau yang khas dari Pulau Kisar adalah buah Jeruk.

Saya sempat tidak percaya kalau jeruk bisa tumbuh di Pulau Kisar. Pasalnya, buah jeruk biasanya tumbuh di datararan tinggi. Misalkan saja jeruk Berastagi, Jeruk Pontianak, atau jeruk dari daerah lain di Indonesia. Sedangkan Kisar adalah sebuah pulau kecil dan terbentuk dari batu karang. Udaranya juga panas sehingga apa benar pohon jeruk bisa tumbuh di sana. Apalagi, bisa berbuah. Mmmm...

Pulau Kisar terletak di sebelah Selatan provinsi Maluku, dan sangat dekat dengan negara Timor Leste. Bahkan, daratan negara Ramos Horta itu masih terlihat dari salah satu ujung pulau ini. Menurut warga di pulau ini, hanya butuh setengah jam perjalanan dengan kapal kecil ke Timor Leste. Karena itu, dulunya banyak hasil bumi Pulau Kisar yang dipasarkan ke negara bekas provinsi ke-33 Indonesia itu. Salah satunya ya jeruk.

Keraguan saya akhirnya terjawab ketika saya berkunjung ke satu-satunya pasar yang ada di Pulau Kisar. Banyak ibu-ibu yang menjual jeruk khas Pulau Kisar di sana. Harganya juga relatif murah, hanya Rp 5.000 untuk empat buah. Kalau beli banyak tentu bisa lebih murah lagi.

Bentuk jeruk Kisar ini lebih besar dari jeruk kebanyakan dari daerah lain. Warnanya kebanyakan hijau atau hijau kekuning-kuningan. Bentuk dagingnya seperti mirip jeruk Bali. Begitu juga dengan rasanya yang menurut saya juga mirip dengan jeruk Bali, tidak terlalu manis tapi tidak asam juga. Airnya juga banyak dan sangat menyegarkan bisa dimakan ketika sedang terik.

Akhirnya, saya pun membawa jeruk Kisar sebagai oleh-oleh ke Jakarta.

Maaf, saya tidak sempat membagikannya kepada Anda. Namun, saya akan membagi foto-foto jeruk Kisar ini kepada Anda semua. Ini dia beberapa foto yang berhasil saya jepret....




Selengkapnya...

Inilah Orang Termiskin di Dunia!

Anda tahu siapa orang termiskin di dunia? Aha... rasa-rasanya Anda semua pasti tidak tahu ya. Kali ini, saya akan memberikan jawabannya kepada Anda.

Kalau saya bertanya siapa orang paling kaya di dunia? Saya yakin semua pasti bisa menyebutkannya. Kalau bukan Bill Gate, ya Warren Buffet. Kedua orang ini memang beberapa tahun ini wara-wiri sebagai orang terkaya di kolong langit ini. Untuk tahun 2011 ini, keduanya menempati urutan ke-2 dan ke-3 sebagai orang terkaya di dunia.

Sedangkan orang nomor satu paling kaya di dunia pada tahun 2011 ini adalah Carlos Slim Helu. Orang ini adalah Taipan asal Meksiko. Ia berada di posisi nomor satu setelah berhasil mendongkrak kekayaan konglomerat telekomunikasi ini sebesar 20,5 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu, menjadi 74 miliar dollar AS pada saat ini. Kalau di rupiahkan ya, sekitar Rp 730 triliun lah. Wah, duit semua tuh? Selengkapnya silahkan klik DI SINI untuk mengetahui siapa saja orang terkaya di dunia dan di Indonesia.

Nah, kembali ke pertanyaan awal saya tadi. Siapakah yang berada di posisi pertama sebagai orang termiskin di dunia ini?

Ternyata orang paling miskin di dunia ini adalah orang Indonesia lho. Namanya Hamdan ATT. Saya tidak tahu persis dimana orang ini tinggal. Namun, pria ini memang telah membuat pengakuan sebagai orang termiskin di dunia. Bahkan, sejak tahun 1980-an silam, ia sudah membuat pengakuan ini dengan sebuah lagu. Judulnya pun diberi nama 'Termiskin di Dunia'.

Hebatnya lagi, lagu ini pun sangat ngetop pada jamannya. Bahkan, mungkin sampai hari ini. Pasalnya, kabarnya lagu ini sering juga direquest para penggila karaoke. Entah lah, dengan suksesnya lagu ini, apakah Hamdan ATT kemudian masih mengklaim diri sebagai orang termiskin di dunia atau tidak.

Kalau anda belum tahu yang mana orangnya, nah, inilah dia:



Coba kita perhatian lirik lagu 'Termiskin di Dunia' ini, yang sepertinya sangat mengharukan siapa saja.

bukan ku menolak untuk mencintaimu
tetapi lihat dulu siapa diriku
karena engkau dan aku sungguh jauh berbeda
kau orang kaya aku orang tak punya

sebelum terlanjur pikir pikirlah dulu
sebelum engkau menyesal kemudian

(*)
jangankan gedung, gubuk pun aku tak punya
jangankan permata, uang pun aku tiada

aku merasa orang termiskin di dunia
yang penuh derita bermandikan air mata
itulah diriku kukatakan padamu
agar engkau tahu siapa aku

back to *)

sebelum terlanjur pikir pikir lah dulu
sebelum engkau menyesal kemudian

Baydewae... dimana ya sekarang bang Hamdan ini?

PS: Mohon Anda jangan terlalu serius membaca artikel ini ya. Hehehe.... Piss!!!!
Selengkapnya...