Minggu, 22 Januari 2012

Dua Penghargaan Untuk Metro Realitas

Di penghujung 2011 lalu, program Metro Realitas berhasil memperoleh dua penghargaan dari dua lomba yang berbeda. Ini merupakan kabar baik bagi Metro Realitas yang tetap setia mengudara di layar Metro TV setiap hari Senin dan Rabu malam. Dan, dua piala yang ada dalam genggaman Eva Julianti di foto atas, adalah bukti dari keberhasilan Metro Realitas yang setia bermain di pemberitaan investigatif.  

Piala yang ada di genggaman tangan kanan Eva adalah, piala dari Anugrah Adiwartha 2011. Metro Realitas keluar sebagai pemenang pertama untuk kategori Liputan Investigatif, lewat karya yang berjudul 'Perang Mafia Tambang'.

Liputan ini adalah karya dari tim Metro Realitas yang meliput mengenai persaingan para pengusaha tambang di Kalimantan. Persaingan sudah berjalan tidak sehat, karena segala macam cara dipakai demi bisa menguasai mutiara hitam alias batubara yang banyak tersimpan di perut bumi Kalimantan. Persaingan tidak sehat ini sudah seperti perang mafia yang ada di film-film. Beragam kekuatan resmi pun dituding sudah ikut bermain, seperti Polri, TNI, BIN, apalagi pemda setempat. Episode Metro Realitas tersebut sukses menggambarkan situasi ini secara gamblang, seperti ciri khas Metro Realitas.

Sedangkan piala yang ada di genggaman tangan kiri Eva Julianti adalah, piala dari Anugrah KPI 2011 untuk kategori Berita Investigasi. Metro Realitas memenangkan kategori ini lewat tayangan yang berjudul 'Rebutan Saham Newmont'.

Episode Metro Realitas ini berkisah mengenai rencana divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara senilai 7 persen. Penjualan sisa saham Newmont ini menjad menarik karena pemerintah pusat dan pemerintah daerah saling adu kuat untuk mendapatkan sisa saham 7% tersebut. Kasus ini menjadi menarik karena diduga ada perusahaan besar dibalik pemda yang ingin menguasai Newmont.

Sekali lagi, selamat untuk Metro Realitas, pelopor jurnalisme investigasi di layar TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar