Jumat, 27 Januari 2012

Si Putih yang Mulai Menguasai Jalanan

Saya punya seorang saudara yang hendak mengganti mobil. Mungkin untuk memberi kejutan pada sang istri, ia membeli mobil ‘baru’ dan langsung membawanya ke rumah. Kata ‘baru’ diberi tanda petik, karena yang ia beli adalah mobil bekas. Agar muat banyak penumpang, maka sepupu saya ini, membeli mobil jenis minibus.

Sesampainya di rumah, bukan sambutan yang hangat yang ia peroleh dari sang istri. Bukan pelukan atau ciuman, tapi justru kemarahan. Pertengkaran pun tidak terhindarkan lagi. Keduanya saling menumpahkan emosi tanpa ada yang mau mengalah. Ini terjadi tidak hanya dalam hitungan jam tapi cukup lama. Selama berhari-hari, keduanya hanya saling berdiam diri tanpa bertegur sapa. Padahal, mereka tinggal serumah. Apakah mereka masih sekamar tidur selama berselisih paham ini, saya tidak tahu ya.

Tahukah Anda apa yang membuat mereka bertengkar?

Rupanya, si istri marah besar dengan pilihan mobil ‘baru’ sang suami. Bukan pilihan mereka, jenis, type, atau jenis bahan bakar mobil yang dipermasalahkan si istri. Ia hanya tidak suka dengan warnanya. Rupanya, saudara saya ini memilih mobil warna putih sebagai pengisi garasi rumahnya. Pilihan ini sangat tidak disukai sang istri. Baginya, mobil berwarna putih, identik dengan mobil ambulan, mobil jenazah, atau angkutan kota. Intinya, mobil warna putih tidak ada bagusnya bagi si istri.

Cerita di atas benar-benar terjadi di salah satu keluarga saya. Kisah ini terjadi beberapa tahun lalu. Mungkin lima atau enam tahun lalu. Saya pikir, kejadian pertengkaran diantara mereka, pasti tidak terjadi bila peristiwa membeli mobil ‘baru’ itu, terjadi sekarang. Mobil warna putih saat ini sedang ngetren. Begitu mudah menjumpai mobil warna putih di jalan raya. Tidak hanya mobil kelas di bawah 1300 cc, tapi juga mobil mewah yang harganya di atas setengah miliar rupiah.

Entah bagaimana awalnya, mobil berwarna putih kini kembali ngetren di tengah masyarakat. Dan, entah sampai kapan juga si putih ini akan bertahan lama. Ini hanya tren sesaat atau tidak, hanya waktu yang akan menjawabnya. Yang pasti, selain warna hitam dan silver, putih kini menjadi warna favorit bagi masyarakat dalam memilih mobil baru mereka. Sepertinya, semua produsen mobil juga mulai menyediakan pilihan warna putih di setiap varian mobil yang mereka keluarkan. Buktinya, kita bisa melihat mobil berwarna putih dari segala jenis merek dan type. Padahal, dulunya, Anda harus memesan secara khusus untuk mendapatkan mobil berwarna putih ini.

Saya kemudian googling tentang fenomena mobil warna putih ini. Rupanya, apa yang pikirkan, ternyata memang benar. Mobil warna putih memang tengah jadi tren, bukan hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Bahkan, sebuah berita menyebutkan, mobil warna putih diprediksi akan terus menjadi tren sepanjang 2012.

Para produsen pun berlomba-lomba untuk memanfaatkan tren ini demi mendongkrak penjualan. Misalkan saja, Xenia dan Avanza. Dulunya, mobil ini identik dengan warna silver dan hitam. Nah, kedua merek ini kembali memperkenalkan varian baru mereka pada akhir 2011 lalu ke pasar Indonesia, yakni All New Xenia dan All New Avanza. Kali ini, keduanya pun hadir dengan varian warna putih.

Nah, yang saya bingung, bila si putih ini tidak lagi menjadi tren setelah 2012 nanti, lantas dikemanakan semua mobil-mobil itu ya? Jangan-jangan para pemilik si putih ini nantinya bakal menjual mobil mereka secara beramai-ramai ya. Biasanya sih, kalau ada sebuah barang sudah tidak tren, orang akan menjualnya dengan harga murah. Yang penting barang tidak di tangan lagi. Kira-kira, apa nasib ini juga terjadi pada mobil warna putih ya?

Saya kemudian mendapatkan artikel dari dari Tempo.co. Dalam artikel ini, ditulis kecenderungan masyarakat untuk memilih mobil warna putih dalam 11 bulan terakhir terus melonjak. Hasil penelitian perusahaan kimia dan energi yang berbasis di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat itu, Du Pont, menunjukkan penjualan mobil berkelir putih dan perak sepanjang 11 bulan tahun 2011 lalu, mencapai 22 persen.

“Warna putih, putih mutiara, dan perak, selama ini memiliki sejarah sebagai terpopuler. Tahun ini, warna itu kembali terpopuler dengan porsi semakin besar,” tutur Nancy Lockhart, Manajer Pemasaran produk pewarna Du Pont, tulis Tempo.co dalam artikel itu.

Saya juga bertemu artikel lain yang cukup menarik yang membahas mengenai mobil warna putih. Dalam artikel itu, tertulis kalau warna putih adalah salah satu warna favorit maling mobil. Warna lain yang paling banyak menjadi incaran adalah hitam dan silver. Warna-warna ini menjadi incaran karena paling mudah menjualnya.

Mmmm….jadi pertimbangan juga dalam membeli mobil nih. Hehehe….

Kebon Jeruk, 27022012
Ide tulisan ini muncul saat melintas di Tol Tangerang-Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar