Sabtu, 18 Februari 2012

Jadilah Citizen Journalist di Wide Shot Metro TV

Masih banyak yang bertanya bagaimana caranya menjadi citizen Journalist di program Wide Shot Metro TV. Walau sudah setiap hari ketiga presenter Wide Shot memberi tahu, namun pertanyaan yang sama, masih saja ditanyakan oleh para penonton setia Wide Shot. Ini mungkin pertanda, kalau semangat citizen journalism memang sedang menggelora di Indonesia. Program Wide Shot yang memang dilahirkan untuk menangkap tren ini, segera mampu menarik banyak penggemar.

Wide Shot memang lahir untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi perkembangan citizen journalism di tanah air. Yang paling diminati tentu saja liputan para citizen journalist mengenai beragam topik menarik. Satu reporter akan meliput satu berita yang menarik bagi masyarakat, khususnya pemirsa Metro TV.

Untuk menjadi citizen journalist di Wide Shot, ada dua cara yang bisa diambil. Cara pertama adalah dengan mengirimkan materi hasil liputan sendiri. Si pengirim benar-benar membuat liputan sendiri, lalu hasilnya dikirimkan ke redaksi Wide Shot di Metro TV. Nanti tim Wide Shot yang akan menilai apakah hasil liputan tersebut layak tayang atau tidak. Banyak materi yang tidak memenuhi syarat sehingga terpaksa tidak bisa ditayangkan. Beberapa elemen yang menjadi pertimbangan adalah, kualitas gambar, kualitas audio, topik yang disampaikan, dan beberapa elemen lain.

Materi video bisa dikirim ke redaksi Wide Shot dengan cara meng-upload ke situs www.metrotvnews.com/wideshot. Kalau mengalami kesulitan meng-upload, maka materi juga bisa dikirim via email ke wideshot@metrotvnews.com atau wideshot@ymail.com. Cara terakhir adalah, mengirimkan materi video via pos ke redaksi Wide Shot dengan alamat di Metro TV, Jalan Pilar Mas raya, Kavling A-D, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jangan lupa cantumkan tulisan Wide Shot di amplop, untuk mencegah surat tersasar ke bagian lain.

Cara kedua, adalah dengan mendaftar sebagai calon citizen journalist ke redaksi Wide Shot. Lalu, Anda akan dipanggil untuk merasakan bagaimana menjadi seorang reporter Metro TV dalam sehari. Caranya mudah sekal, dan siapapun bisa berpartisipasi. Anda tinggal mengirimkan permohonan yang dilengkapi dengan biodata ke alamat email wideshot@metrotvnews.com atau wideshot@ymail.com.

Begitu Anda mengirimkan email, maka tim Wide Shot akan menghubungi Anda via telepon. Anda akan diminta untuk datang ke Metro Tv untuk mengikuti sesi coaching terlebih dahulu. Sebaiknya Anda datang dengan sudah membawa beberapa ide tema peliputan. Saat sesi coaching ini, Anda akan diajari bagaimana melakukan proses peliputan terhadap tema yang akan diliput. Yang bertugas memberikan pelajaran ini adalah para produser di Wide Shot. Mereka akan mengajari Anda mengenai segala hal yang diperlukan. Mulai dari cara reportasi, mewawancarai narasumber, visual yang harus didapatkan di lapangan, cara stand up, dan sebagainya.

Saat sesi coaching ini, tim Wide Shot juga akan membagi jadwal liputan para calon citizen journalist yang hadir. Setiap hari ada dua orang yang liputan. Mereka akan meliput dengan cameraperson yang telah disiapkan Metro TV. Anda akan mendapatkan pengalaman bagaimana rasanya menjadi seorang jurnalis betulan. Hebatnya lagi, karya liputan Anda tidak akan sia-sia, karena akan ditayangkan di program Wide Shot setelah melewati proses editing.

Jangan lupa untuk memberi tahu orang tua, saudara, teman, pacar, tetangga, atau siapapun orang-orang yang Anda kenali, agar mereka ikut menyaksikan penampilan Anda di layar TV.

Jadi, tunggu apalagi. Jadilah bagian dari citizen journalist di Wide Shot Metro TV!

63 komentar:

  1. ..sy sering mnton wideshot...sptnya asik mencoba menjadi jurnalis..hihi...menambah pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah menonton Wide Shot. Silahkan saja, kalau berminat menjadi Citizen Journalist di Wide Shot. Kami tunggu partisipasi Anda. :-)

      Hapus
  2. mau tanya nih mas segmen-segmen di tayangan wideshot apa aja jadi klo nyiapin hasil liputan yang mo di upload tau perkiraan bakalan bisa masuk di segmen apa gitu
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wide Shot menunggu materi video apa saja yang dikirimkan oleh pemirsa. Yang penting, layak tayang dari segi kualitas gambar, dan materi tidak mengandung SARA. :-). Kami tunggu video kiriman eyulc ya.... :-)

      Hapus
  3. mau tau juga nih mas, awalnya kan udah ada i witness trus skrg wideshot latar belakangnya apa sih kok bikin program ini ... atau klo boleh share ceritain sejarah kok bs ada ide bikin wideshot

    BalasHapus
    Balasan
    1. program i witness sudah cukup lama tidak tayang lagi di Metro TV. Saat itu, i Witness hanya berisi tentang video amatir kiriman pemirsa. Sedangkan Wide Shot hadir dengan konsep jauh lebih luas dari sekadar itu, walau masih dalam semangat citizen journalism. Saya akan kopi sebuah tulisan dari bunyi iklan Wide Shot yang muncul di beberapa media, beberapa waktu lalu.
      "Libatkan diri Anda dalam berita! Gunakan dan maksimalkan perangkat And dan jadilah bagian dari penyampai informasi. Abadikan setiap peristiwa dan kejadian di sekitar And yang mengandung nilai informasi publik, dan sampaikan kepada pemirsa melalui kami. Andalah saksi peristiwa, Andalah yang pertama menginformasikannya. Pastikan, Anda bagian dari citizen journalism dalam Wide Shot."

      Hapus
  4. Mau tanya, kalo facebook asli dari wideshot apa ya alamatnya?
    saya nemu banyak bgt facebook wideshot.
    kalo twitternya @wideshotmetrotv kan yang asli?

    BalasHapus
  5. ketik saja wideshot@ymail.com di Facebook. Maka apa yang muncul, itulah Facebook asli Wide Shot. Yup, twitternya memang itu. Silahkan saja Follow agar menjadi bagian dari Wide Shot Metro TV. :-)

    BalasHapus
  6. Saya suka nonton wide shot. Konsep yg disuguhkan berbeda dengan program berita yg lain. Tapi saya masih bingung mas, buletin jatim itu masih masuk di program wide shot ya? trus dunia kita dan potret jalanan itu memang tidak ditayangkan setiap hari atau bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buletin Jatim maksudnya masuk gimana, mbak? sebab, selama ini tidak pernah masuk menjadi bagian dari program Wide Shot. Kalau Dunia Kita VOA memang ditayangkan seminggu sekali di Wide Shot.

      Hapus
    2. apa karena saya tinggal di malang, setiap jm 4 sampai jm 5 ada buletin jatim ya mas? jadi saya cuma bisa nntn wide shot smpe jm 4 aja.

      Hapus
  7. saya sudah diterima sebagai Citizen Journalist, mungkin info ini bisa membantu saya untuk mempersiapkan diri, thanks a lot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaf. Selamat ya. Wide Shot menunggu hasil karya Anda. :-)

      Hapus
  8. mantab infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims...Ditunggu partisipasi Anda di Wide Shot. :-)

      Hapus
  9. wah sepertinya asyik ya bisa gabung jadi CJ @wideshoot...tadi saya lihat adik2 tingkat saya (komunikasi fisip UNS) tampil di wideshoot, salut dan bangga deh...mantabb!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk pujiannya. Ditunggu partisipasi dari Anda dalam WIDE SHOT. :-)

      Hapus
  10. Mantaaaab... tantangan baru yang mengasikkan.. Media yang pas untuk mempublikasikan Daerah kita sediri nih... (Iya khaaaan...???)
    Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Wide Shot menunggu partisipasi Anda. :-)

      Hapus
  11. Anonim12:36 AM

    Salam kenal Bang Edi Ginting...
    Aku tertarik untuk menjadi bagian dari pribadi-pribadi jurnalistik. Tapi aku rasa ini memang bukan hal yang mudah dan harus butuh latihan. Mungkin untuk sementara ada kata-kata motivasi dari abang sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga untuk Anda. Dasyat sekali kalimatnya. Keren..... :-). Wah, kata-kata motivasi apa ya. Mmm.... Mungkin kalimat seperti ini; kalau sehari Anda membuat satu paragraf cerita, bayangkan, berapa paragraf yang Anda hasilkan dalam satu bulan, setahun, dan seumur hidup Anda. Yang penting adalah langkah pertama. Dan, langkah berikutnya akan mengikuti.

      Hapus
  12. ada batasan umur ndak mas edi? soalnya saya kayaknya sudah bukan umur mahasiswa lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan umur utk menjadi Citizen Journalist, termasuk kesempatan untuk merasakan sehari menjadi jurnalis di Wide Shot. Dari mulai anak-anak sampai orang dewasa, dari anak TK sampai pekerja kantoran. Silahkan kirimkan biodata Anda. Siapa tahu tim Wide Shot segera menghubungi Anda. Sukses selalu... :-)

      Hapus
  13. beberapa minggu lalu tim dari wide shot dan mata najwa hadir dan off air di kampus kami UNSRI palembang.. sungguh saya pribadi sangat tertarik dg CJ metrotv.. yang saya ingin tanya bang, jika hasil liputan dari kamera digital bisa diterima oleh CJ wide shot? ada beberapa hasil liputan saya yg telah saya edit sendiri mengenai kemacetan yg parah yg sering terjadi di jln Indralaya-palembang serta hancurnya jalan2 akibar truk2 batu bara, tetapi saya ragu untuk mengUpload nya.
    terimakasih bang..

    BalasHapus
  14. beberapa minggu lalu tim dari wide shot dan mata najwa hadir dan off air di kampus kami UNSRI palembang.. sungguh saya pribadi sangat tertarik dg CJ metrotv.. yang saya ingin tanya mas, jika hasil liputan dari kamera digital bisa diterima oleh CJ wide shot? ada beberapa hasil liputan saya yg telah saya edit sendiri mengenai kemacetan yg parah yg sering terjadi di jln Indralaya-palembang serta hancurnya jalan2 akibar truk2 batu bara, tetapi saya ragu untuk mengUpload nya.
    terimakasih mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ragu-ragulah. Silahkan kirimkan video mas ke Wide Shot, agar pemirsa dari daerah lain bisa mendapatkan informasi mengenai daerah mas. siapa tahu, pejabat berwenang nanti juga akan memperhatikan dan segera memperbaiki infrastruktur di sana. Kami tunggu videonya ya. :-)

      Hapus
  15. Balasan
    1. Silahkan berpartisipasi... :-)

      Hapus
  16. Salam..
    Saya mau tanya, apakah bisa kalau kita mengirim berita/informasi dlm bentuk teks yg tidak ada videonya..tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. nanti difolowup oleh tim Metro TV bila memang punya nilai berita. Lae bisa jadi narasumbernya saat diliput.

      Hapus
  17. Mas edi,,
    Saya hanya punya Hape sebagai media peLiputan,,
    itu kand formatnya 3gp kira-kira kaLo di ganti format mp4/avi pecah gag yya..??
    Berita bagus, tp gambarnya gag bagus aduh pie jaL..??
    Yang Kedua: Teksnya di sertakan dalam format apa..?? Ms.word apa di tempeL di videonya, kayak VCD karokean gitu..
    Terima kasih.. Mohon Jawaban nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kualitas akan pecah. Karena sumber utama sudah berbentuk 3gp yang memang kualitasnya sudah rendah.
      Teks dalam bentuk word saja. Tidak perlu memasukkan teks di dalam video.

      Hapus
  18. Iriani Inggrid Baransano11:29 AM

    Wahh,,,, Wide Sudah Lebih Mantap!!
    Apakah kta boleh berpartisipasi dalam WIDE SHOT
    dan Pertanyaan saya, tema tentang apa yang bisa kita kirim dan elemen-elemen apa saja yang menjadi pertimbagan dalam seleksi berita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wide Shot akan dengan senang hati menerima partisipasi dari Anda. Silahkan kirim karya-karya video Anda yang menarik untuk ditayangkan. Syaratnya mudah saja; menarik ditonton secara visual dan punya tema yang menarik untuk masyarakat luas. Tidak mengandung kasus, konflik, SARA, dan memojokkan pihak tertentu.Silahkan kirim email ke tim Wide Shot kalau Anda masih punya pertanyaan. :-)

      Hapus
    2. Iriani Inggrid Baransano12:54 PM

      hmmmm,,, Iyaa,,,
      Sebenarnya masih ada banyak pertanyaan yang ingin saya tanyakan!???

      karena saya ingin lebih banyak belajar tentang jurnalistik, bagaimana cara teknik pengambilan gambar/Video yang menarik untuk ditonton!!!

      Hapus
    3. Wah, senang sekali ada orang yang ingin belajar jurnalistik. Ini adalah sebuah dunia yang sangat menantang, tapi penuh dengan kenikmatan. Teknik pengambilan gambar bisa dipelajari dari banyak cara. Mulai membaca buku, nonton video di youtube, atau ikuti workshop. Metro TV juga sering mengadakan acara seperti ini. Pas ada di kota Iriani, bisa ikutan lho....

      Hapus
    4. Iriani Inggrid Baransano9:52 AM

      Terima kasih.
      iya bagi saya Dunia Jurnalistik adalah dunia yang paling saya sukai, karena ini adalah dunia yang ada banyak tantangan tetapi menyenangkan.
      Teknik pengambilan gambar saya sudah pelajari dari buku, dan nonton video, tapi kalau mengikuti workshop belum pernah saya ikuti.
      dan sebenarnya bagi saya Metro TV adalah media televisi di Indonesia yang paling saya Kagumi dan saya segani, dan dari menonton setiap Program di Metro TV, saya mendapat banyak pengetahuan dan pembelajaran di bidang jurnalistik.
      dan bagi saya Metro TV adalah Salah satu sarana pembelajaran bagi saya.
      jikalau Metro TV melakukan Workshop di kota saya, pasti saya usahakan untuk ikut. Tapi, Kota saya Jauh, saya berada di Kota Jaypura, Papua.

      Hapus
  19. Nitip link warta berita seputar kota Pacitan, Jatim di http://pacipin.blogspot.com

    BalasHapus
  20. Anonim4:46 PM

    wide shot memang menarik skali, membuat kita bersemangat menggunakan camera vidio, dari dulu sy pemirsa setia metro tv.
    dengan adanya wide shot membuat sy makin makin senang dgn metro tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk komentarnya. Salam Wide Shot!!!!! :-)

      Hapus
  21. saya mau tanya, kmren kan saya ikut seminar di IPB dan pembicra nya dari program wide shot, bisa gak sih kalau saya ngirim video tenteng daerah yang tertinnggal di saerah padang yang plosok tapi sedangkan saya kuliah di bogor dan tidak sepenuhnya saya selalu bisa ke padang untuk info-info selanjutnya tentang berita yang saya kirim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. silahkan saja kirimkan video yang dimiliki. Sebutkan keterangan waktu pengambilan gambarnya agar memudahkan dalam penayangannya.

      Hapus
  22. materi video yang dikirimkan dalam bentuk artikel atau catatan poin-poin yang ada di videonya?
    trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dua-duanya. Nanti tim Wide Shot yang mengeditnya. Trims.

      Hapus
  23. Horas bang ! hri ni sya ingin ikut meliput sebuah moment .. klo sya kirim hri ni jga ..kira2 tayang nya kapan bang ? tks wat jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas juga.... :-) Biasanya langsung digarap oleh tim produksi Wide Shot kok. Pasti segera ditayangkan. Jadi, jangan ragu-ragu untuk segera mengirimkannya.

      Hapus
  24. Anonim9:38 AM

    Bang,kalo masalah Beasiswa unggulan BPKLN kira2 bisa bantu dibahas gak? Krn anak saya mendapatkan beasiswa tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kirim email berisi kisah singkat beasiswa itu ke email Wide Shot. agar dapat dipertimbangkan oleh tim liputan.

      Hapus
  25. Sayang media TV sebsar METRO TV gak beri honor utk liputan CJ yang ditayangkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang saat ini tidak ada honor untuk semua video CJ yang tayang, karena Wide Shot ingin mengedepankan idealiasme para CJ. Wide Shot memberikan ruang seluas-luasnya untuk siapa saja mencari pengalaman menjadi citizen Journalist. Kalau Mas mengatakan Metro TV adalah media besar, apa banyak perusahaan besar yang memberikan ruang berkreasi kepada siapa saja di luar lingkungan perusahaan tanpa dipungut bayaran alias gratis yang kalau harus berbayar saja, orang mungkin mau membayar. :-)

      Btw, Wide Shot sebenarnya menyaring 2 video terbaik dari para CJ setiap bulan untuk mendapatkan hadiah kamera video.

      Hapus
  26. josua8:01 PM

    bang, knapa alamat web wideshot gk bisa di buka ya???
    dah ada 4 hari saya coba tapi gk bsa jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sedang overload. Silahkan mencoba lagi. Namun, saat ini juga sedang diupayakan penambahan server utk mengantisipasi membludaknya video yang dikirim pemirsa. makasih sudah mau berpartisipasi di Wide Shot. :-)

      Hapus
    2. josua7:18 PM

      saya dah ngirim melalui pos, tapi belum ada konfirmasi berjudul jembatan desa simanare terancam putus. Dalam bentuk cd

      Hapus
    3. saya infokan ke tim wide shot. trims....

      Hapus
    4. josua6:02 PM

      sampai skrg alamat web nya belum bisa dibuka,
      melalui pos dan email (wideshot@ymail.com) tapi belum ada tanggapan,
      tolong di infokan ya bang edi.

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  28. malam ini (4 september 2013) saya mempunyai video acara bupati gresik di Balongpnggang Gresik jawa timur. kalau diperlukan ada ganti biaya gak? hubungi saya di 081234598657. saya sering mendapatkan video lainnya para pejabat (waktu shoot pastinya selalu gak ada wartawan metrotv). bisakah di follow up?

    BalasHapus
  29. bang, saya josua simanjuntak pemenang ke 2 jurnalis warga bulan agustus,
    mau nanya " hadiah pemenang ke 2 dikirimnya kapan bang>?

    soalnya belum sampai

    BalasHapus
  30. saya udah upload video liputan saya. melalui website wideshot.. buat liat kembali video yg udah di upload, gimana ya?

    BalasHapus
  31. Anonim8:43 AM

    Ditempat sy ada tradisi adat takiran hri ini. Sy pengen bgt ngrimin video nya ..tp sygnya hanya me menggunkn rek hp. Dn mgkin belum sesuai :(

    BalasHapus
  32. thanks bang, mohon izin re-post dengan menggunakan link blog abang ye?

    BalasHapus
  33. bang, kalau ada kejadian penumpukan batu gombong dan pasir setinggi
    kurang lebih 6 meter lebarnya sungai sekitar _+ 45 meter adanya kejadian
    itu setelah gunung kelut meletus dan jaraknya tempat tersebut _+ 4 Km dari gunung kelut dan sudah saya jadikan Vidio 10 hari
    setelah meletusnya gunung kelut itu dan seumpamanya saat ini saya kirimkan terlambat / boleh apa tidak ya bang, saya tunggu balasanya Trim Banget

    BalasHapus
  34. bang, saya tinggal di riau apa bisa jadi citizen journalist, apakah ada kontributor untuk wilayah riau khususnya kecamatan mandau kota Duri Riau, kbetulan sy suka jurnalistik, mmg sy blm ada pengalaman jd reporter, tp sy pengen bgt gabung di citizen journalist, tolong bg ksh no.HP utk kontributor wilayah duri Riau kecamatan mandau. Thank's

    BalasHapus