Senin, 02 April 2012

Mengagumi Bandara Changi Singapura

Beberapa kali menginjakkan kaki ini di Bandara Changi Singapura, rasa kagum selalu datang. Bandara internasional terbesar di negeri Singa ini, begitu megah dan modern. Yang namanya rasa nyaman juga sangat terasa. Berada di terminal bandara yang mulai beroperasi sejak 1981 itu, seperti sedang tidak berada di sebuah terminal bandara. Rasa-rasanya, diri ini sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan kelas atas yang berisi bermacam-macam toko dan aneka kedai makanan.

Membandingkan terminal di Bandara Changi dengan Terminal Bandara Soekarno-Hatta, seperti membandingkan langit dan bumi. Yang satu berada di tempat paling atas, sedangkan yang lainnya begitu kecil di bawah. Sangat tidak sebanding. Dan, seharusnya sangat tidak mengenakkan bagi siapapun orang Indonesia, termasuk saya.

Kalau Bandara Changi dimasukkan ke dalam salah satu bandara termodern dan terbersih di kolong langit ini, maka sebaliknya dialami oleh Bandara Soekarno-Hatta. Bandara terbesar di Indonesia itu, justru masuk ke dalam salah satu bandara terjorok di dunia. Waduh! Bandara yang terletak di daerah Changi di bagian ujung timur pulau Singapura itu, merupakan salah satu bandara dengan fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia. Bagaimana dengan Bandara Soekarno-Hatta? Jangankan fasilitas bagi penumpang, radar yang begitu vital mengatur lalulintas pesawat, kabarnya juga sudah berusia uzur. Sangat membahayakan!

Berikut ini saya perlihatkan beberapa foto koleksi saya tentang Bandara Changi:

Salah satu sudut di Terminal II Bandara Changi Singapura. Lantai dilapisi karpet.

Salah satu toko yang ada di terminal Bandara Changi

Lorong di terminal Bandara Changi. Sangat bersih. Suasana dibuat seperti berada di pusat perbelanjaan

Penambahan pohon hidup di terminal Bandara Changi membuat suasana semakin indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar