Selasa, 08 Mei 2012

5 Travel Blog Indonesia Paling Oke

Akhir-akhir ini, saya sedang senang mengisi waktu senggang saat di kantor dengan melihat-lihat situs traveling. Hanya dalam waktu beberapa hari saja, saya telah menemukan begitu banyak situs, baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris. Dari yang kelola secara profesional sampai yang hanya berupa blog gratisan. Dari yang tulisannya hanya asal-asalan, sampai berisi tulisan yang sangat menggugah dan begitu indah untuk dibaca. Pokoknya, macam-macam…

Namun, dari semua situs yang saya temukan, hanya ada beberapa situs yang paling enak dikunjungi. Entah kebetulan atau tidak, semuanya adalah blog-blog pribadi. Saat ini, memang telah banyak blogger yang membuat blog dengan materi hanya berupa tulisan perjalanan alias traveling. Blog seperti ini biasa dikenal dengan sebutan travel blog.

Belakangan, banyak travel blog yang dikelola secara keroyokan oleh sejumlah penggila traveling. Bahkan, blog tersebut juga menerima tulisan dari orang luar. Siapa sangka, ternyata peminatnya sangat ramai sehingga akhirnya melahirkan komunitas-komunitas. Ada blog khusus penggila backpacker, blog khusus tempat wisata menarik di Indonesia, dan lain-lain.

Saya menemukan gairah tertentu dengan membaca dan melihat foto-foto yang terpampang di semua travel blog yang saya kunjungi. Si pengelola blog menulis setiap tulisan dengan sentuhan sangat personal. Saat membaca, para pembacanya sepertinya merasakan berbagai pengalaman, sensasi, ketegangan, tawa, tantangan, dan apapun yang dialami oleh si penulis. Apalagi, foto-foto yang sangat indah ikut menyertai setiap artikel. Saya yakin, siapapun yang membacanya, pasti timbul hasrat untuk merasakan pengalaman yang sama seperti yang dilakoni si penulis. Semua travel blog tersebut menyebarkan virus mematikan kepada pembacanya untuk ikut melakukan traveling.

Nah, dari hasil ‘jalan-jalan’ ke berbagai travel blog yang entah berapa banyak jumlahnya, saya akhirnya menemukan beberapa travel blog yang paling saya sukai. Kali ini saya akan menyebutkan 5 travel blog berbahasa Indonesia, yang menurut saya, paling menarik dibandingkan travel blog lainnya.

Ada banyak pertimbangan sehingga saya menjatuhkan pilihan kepada 5 travel blog berikut. Yang pertama adalah kesan paling enak dilihat (tata letak, warna, pemilihan bentuk huruf, penempatan foto, dan sebagainya). Lalu dari segi tulisan. Tata letak oke tapi tulisan amburadul, tentu sangat tidak enak untuk dinikmati. Faktor lain adalah foto-foto yang melengkapi tulisan.

Nah, 5 travel blog yang paling saya sukai tersebut adalah:

Ransel Kecil
Saya suka dengan travel blog ini karena bentuknya yang sangat enak di mata, mulai tata letak, perpaduan warna, bentuk huruf, dan posisi penempatan foto. Rangsel Kecil dikelola oleh bebeberapa orang dan menerima kiriman artikel dari siapa saja. Travel blog ini berisi laporan perjalanan ke mana saja, baik di dalam negeri maupun mancanegara. Tidak hanya perjalanan backpacker, tapi juga traveling jetset dengan penerbangan kelas bisnis ataupun kelas pertama. Tampaknya, setiap tulisan yang dimuat di blog ini, sangat diseleksi secara ketat, baik dari sisi penulisan maupun cerita yang disampaikan. Tidak hanya berisi artikel perjalanan ke sebuah tempat wisata, namun juga hal-hal lain yang berkaitan dengan traveling. Misalkan saja soal transportasi, penginapan, atau pernak-pernik lain saat melakukan perjalanan. Banyak inspirasi yang saya peroleh dengan membaca artikel-artikel yang ada di travel blog ini.

Dua Rangsel
Travel blog ini milik Dina, orang Indonesia yang bertahun-tahun hidup sebagai backpacker bersama Ryan, suaminya. Mereka berjalan dari satu negara ke negara lain dengan membawa perbekalan seadanya. Dina kemudian membagi setiap cerita hasil keliling dunianya tersebut di dalam blog ini. Sangat lengkap, termasuk bagaimana ia mensiasati setiap kesulitan yang terjadi. Misalkan saja, bagaimana mencuci pakaian di wastapel kamar mandi umum. Begitu banyak inspirasi yang saya peroleh dari blog ini. Ternyata, ada ‘orang gila’ seperti Dina dan Ryan di dunia ini, yang rela menjual harta benda mereka saat masih tinggal di Kanada, dan rela hidup sebagai tuna wisma. Sekitar 41 negara sudah mereka kunjungi, dan entah kapan akan berhenti. Edan!

The Backpacker’s Note
Travel blog ini tidak hanya berisi artikel jalan-jalan. Tapi, banyak hal yang masih berhubungan dengan traveling, khususnya backpacker. Dari blog ini, saya juga menemukan banyak tips traveling yang semakin menambah wawasan saya. Yang pasti, banyak artikel di blog ini yang semakin membakar hasrat saya untuk traveling kemana-mana. Saya juga menemukan banyak artikel mengenai sosok-sosok yang dekat dengan dunia traveling, khususnya travel blogger di blog ini. Kalau dari penjelasan di blog, The Backpacker's Notes menyebut dirinya sebagai blog yang memberikan tips backpacking, catatan & foto-foto perjalanan, informasi tentang suatu destinasi, ide & inspirasi untuk melakukan traveling, berita-berita terbaru tentang traveling, dan apapun tentang backpacking. Lengkap sekali.

The Naked Traveler
Travel Blog ini mungkin sudah begitu terkenal bagi para penikmat traveling di Indonesia. Pemiliknya bernama Trinity, seorang perempuan yang hobinya jalan-jalan. Sejumlah buku dengan judul yang sama dengan blognya ini, juga telah terbit. Kini, The Naked Traveler tidak hanya berisi artikel hasil tulisan Trinity. Ia pun menerima tulisan orang lain dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Artikel yang disajikan tidak hanya soal backpacker, tapi bisa apa saja yang berhubungan dengan traveling.

Lalu, apa travel blog favorit Anda?

5 komentar:

  1. kalau travel blog favorit saya ya blog saya sendiri.hehe.dua ransel kemarin kan baru mampir di indonesia mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... Cakep!
      Iya, tau infonya telat nih.

      Hapus
  2. Lol, love penjelasan mengenai dina dan ryan gila =D
    Makasih ya, untuk muat kami di jajaran travelblog-travelblog ternama di atas, jadi terharu :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak.
      Duh, kok jadi terharu sih. Jadi ga enak nih. Hehehe... Duh, sayang sekali ya, saya ga bisa ikutan kopdar di Jakarta kemarin. Infonya telat. Hiks... Met melanjutkan traveling 'gila'-nya ya, mbak. Ditunggu selalu kisah-kisahnya. Salam untuk Mas Ryan. :-)

      Hapus
  3. Anonim1:04 AM

    Banyak travel blog yang saya sukai. Termasuk alamat ini http://anakflores.blogspot.com/. Mengapa? Karena saya berkesempatan bertemu & mendengar kisah-kisah unik dari backpacker yang sangat ramah ini. Juga dikasih tips-tips berharga untuk memanfaatkan budget yang minim, halal namun bisa menggeluti dunia 'wira-wiri'.

    Tulisan-tulisan anda di sini sangat menarik, Mas. Teruslah menulis dan berbagi cerita. Salam sukses.

    BalasHapus