Rabu, 05 September 2012

Ketika Menanti Dua Jam di Bandara Ternate

Apa yang Anda akan lakukan ketika pesawat yang seharusnya Anda tumpangi mengalami keterlambatan? Jawabannya mungkin bermacam-macam. Ada yang ngomel-ngomel ke petugas bandara, tidur di kursi keras di ruang tunggu yang tidak ada nyaman-nyamannya, bermain laptop atau tablet, atau bergosip ria dengan calon penumpang lain, dan sebagainya.

Keterlambatan ini juga yang saya alami ketika hendak pulang dari Ternate ke Jakarta. Pesawat Batavia Air yang seharusnya berangkat pukul 07.30 WIT, mengalami keterlambatan sampai dua jam. Ini tentu sangat membuat kesal para penumpang. Mereka, termasuk saya juga tentunya, berharap-harap cemas setiap menit untuk menanti kapan pesawat yang akan kami tumpangi bakal tiba di bandara.

Untuk mengusir rasa bosan yang membuat saya terkantuk-kantuk, saya pun memilih untuk berkeliling di sekitar Bandara Sultan Babullah. Selain bermaksud ingin menikmati suasana bandara di Ternate ini, saya juga berharap bisa menemukan objek menarik untuk dipotret.

Rupanya saya tidak salah langkah. Saya menemukan banyak sekali objek menarik di luar sana. Tidak hanya kesibukan petugas bandara, namun juga dapat melihat sunrise, menatap puncak Gunung Gamalama yang sedang cerah, memandangi sejumlah pulau kecil di sekitar Pulau Ternate, dan lain-lain.

Posisi terminal bandara memang menghadap ke timur sehingga sunrise sangat terlihat jelas. Terminal ini juga berada di elevasi lebih tinggi daripada landasan bandara sehingga pemandangan lebih luas terlihat, termasuk lautan yang berwarna kuning disiram cahaya mentari pagi. Bahkan, saya bisa berjalan hingga ke pinggir apron bandara sehingga dapat memotret aktifitas setiap pesawat yang baru tiba.

Berikut ini saya tampilkan beberapa foto hasil jepretan saya selama terperangkap selama dua jam di bandara Sultan Babullah Ternate akibat pesawat delay:

Menara Pengawas Bandara Sultan Babullah Ternate

Sebuah pesawat menunggu penumpang

Bandara Sultan Babullah dengan latar laut dan pulau


Menara pengawasa bandara

Pengisian BBM pesawat

Pesawat baru tiba dan menurunkan penumpang

Penumpang naik ke pesawat

Antre naik ke pesawat

Pesawat dengan latar Gunung Gamalama

Langit Ternate yang sedang cerah

Foto-foto oleh Edi Ginting

2 komentar:

  1. Cerah sekali, gambarnya bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims buat pujiannya mas Tri. Ada kabar apa nih? :-)

      Hapus