Senin, 24 Desember 2012

Mereka adalah Tokoh Kontroversi 2012

Di balik sosok yang menarik perhatian publik karena memberikan inspirasi, ternyata cukup banyak juga orang yang mencuri perhatian lewat tingkah polah mereka yang mengundang kontroversi sepanjang 2012. Ada yang menjadi buah bibir karena perbuatan, namun lebih banyak karena ucapan mereka yang kontroversi.

Siapa saja mereka? Inilah beberapa orang di antara mereka yang layak disebut sebagai tokoh kontroversi 2012.

SUTAN BHATOEGANA
Siapa yang tidak mengenal politisi Partai Demokrat ini. Gaya bicara Sutan Bhatoegana yang ceplas-ceplos sering kali mengejutkan banyak orang. Apalagi, Sutan tergolong politisi yang mudah diwawancarai wartawan sehingga tokoh asal Sumatera Utara ini nyaris setiap hari muncul di media.

Celakanya, ucapan kader Demokrat yang gagal maju dalam Pemilukada Sumatera Utara 2013 ini beberapa kali mengundang kontroversi.

Sutan pernah menyebut para politisi DPR yang kerap menyerang SBY dengan sebutan 'ikan salmon'. Ia juga pernah mengatakan berat badan Muhammad Nazaruddin turun 18 kilogram ketika dalam pelarian walaupun akhirnya tidak terbukti.

Terakhir, Sutan Bhatoegana menjadi sasaran aksi demo dan prores ketika menyebut Presiden Indonesia ke-3 Abdurahman Wahid tidak lepas dari kasus korupsi. Aksi protes baru berhenti ketika Sutan mendatangi keluarga Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, untuk meminta maaf.

DAHLAN ISKAN
Menteri BUMN Dahlan Iskan adalah sosok yang fenomenal tapi juga kontroversial. Sepanjang 2012, mantan wartawan ini tidak pernah habis membuat sensasi. Aksi Dahlan yang membuka pintu tol dalam kota yang tidak beroperasi dan menggratiskan kendaraan yang melewatinya pada Maret 2012 tercatat dalam sejarah sebagai salah satu aksi fenomenal yang pernah dilakukan para tokoh negeri ini.

Sepertinya, mantan Direktur Utama PLN yang hobi memakai sepatu kets kemanapun ini tidak pernah kehabisan ide untuk membuat sensasi. Untuk lebih memahami persoalan, Dahlan beberapa kali pernah menginap di sejumlah rumah penduduk yang ia datangi. Ia juga sering menyetir sendiri kendaraanya dan pernah menyupiri wakil menteri BUMN.
Terakhir, Dahlan membuat kontroversi karena membeberkan sejumlah BUMN yang menjadi sapi perah sejumlah anggota DPR. Akibatnya, Dahlan beberapa kali dipanggil Badan Kehormatan DPR.

RHOMA IRAMA
Nama raja dangdut Rhoma Irama juga layak dimasukkan sebagai salah satu tokoh yang penuh kontroversi pada 2012. Pelantun lagu Begadang dan Judi ini sempat membuat kontroversi ketika musim Pemilukada Gubernur DKI Jakarta sedang panas-panasnya. Di sebuah acara, Rhomra Irama menyinggung masalah SARA dalam ceramahnya yang langsung dikaitkan kepada pasangan Joko Widodo-Basuki Thahaja Purnama.

Sosok pimpinana dalam grup musik Soneta ini kembali membuat sensasi ketika ikut meramaikan bursa calon presiden 2014. Bahkan, spanduk dukungan sudah terpasang di sejumlah sudut jalanan ibu kota.

ANDI A MALLARANGENG
Berkibar di dunia politik dan akhirnya terjerembab di kasus korupsi. Sepertinya begitulah nasib Andi Alifian Mallarangeng. Puncak karir politiknya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga harus kandas di penghujung 2012 setelah KPK menetapkan mantan juru bicara Presiden SBY ini sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan pusat pelatihan olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Andi Mallarangeng menjadi kader lingkaran atas kesekian di Partai Demokrat yang tersangkut kasus korupsi.

Banyak kalangan yang memuji langkah mantan pengamat politik ini untuk mundur dari kursi menteri. Pasalnya, sudah jamak terjadi di negeri ini, birokrat maupun politisi sulit menanggalkan jabatan walau mereka sudah dicap koruptor.

ACENG FIKRI
Di penghujung 2012, publik diusik oleh berita pernikahan kilat Bupati Garut Aceng Fikri. Ia menikahi seorang wanita bernama Fani Oktora yang kemudian diceraikan empat hari kemudian karena diangapnya sudah tidak perawan. Kecaman pun datang sangat keras dari mana-mana, termasuk dari Presiden SBY. Berbagai pihak mendesak aceng mundur dari kursi bupati Garut karena dinilai sebagai pejabat publik yangtidak beretika.

Seketika karir politik pria ini pun berada di ujung tanduk gara-gara urusan wanita. Mmmm…

Catatan:
Artikel ini adalah naskah yang saya tulis untuk Kalaidoskop Tokoh 2012 yang tayang di program Metro Siang di Metro TV.


Foto-foto: Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar