Minggu, 23 Desember 2012

Mereka yang Memberi Inspirasi 2012

Tahun 2012 akan segera berlalu dengan meninggalkan sejuta kisah. Di balik setiap cerita tentu saja ada sosok di dalamnya. A da orang-orang yang menciptakan kisah itu. Atau, ada orang-orang yang pastinya terlibat di setiap cerita.

Untuk menutup tahun 2012 ini, kami akan mengulas sejumlah nama yang menjadi perhatian publik sepanjang tahun naga air ini. Ttidak hanya tokoh dalam negeri, namun juga sejumlah nama-nama dari mancanegara.

Ada yang menjadi tenar karena kesuksesannya dalam berbagai usaha sehingga memberikan inspirasi bagi sesama. Namun tidak sedikit juga yang naik daun akibat sepak terjang mereka yang mengundang kontroversi.

Daftar nama-nama sosok yang menjadi sorotan sepanjang 2012 mungkin sangat panjang. Namun inilah beberapa nama diantara mereka….

PSY
Siapa yang tidak mengenal tarian Gangnam Style. Tarian yang meniru habis gerakan koboi yang sedang menunggang kuda ini begitu populer di seluruh dunia. Nah, orang yang meyebar virus Gangnam Style ini adalah seorang artis asal Korea Selatan yang bernama PSY. Pria yang bernama asli Park Jae Sang ini tiba-tiba saja membuat dunia harus lebih memperhitungkan K-Pop yang memang sedang naik daun di luar Korea.

Video Gangnam Style telah ditonton jutaan orang di situs jejaring sosial. Seluruh media top dunia juga mengulas PSY dengan Gangnam Style-nya. Bahkan seorang Sekjen PBB pun rela ber-gangnam style dengan PSY. Tidak salah kalau artis ini akhirnya dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh pada 2012.

REGINA IVANOVA
Kegagalan bukan menjadi alasan untuk mengubur impian. Inilah yang dibuktikan oleh Regina Ivanova. Berkali-kali ia mendaftar kontes Indonesian Idol, namun selalu gagal di babak audisi. Hanya saja, wanita bertubuh subur ini rupanya tidak pernah patah semangat.

Regina baru lolos pada babak audisi ketika sudah enam tahun ikut mendaftar. Yang mengejutkan, pemilik suara emas ini akhirnya masuk final dan malah menjuarai Indonesian Idol 2012. Regina telah memberi pelajaran kepada siapa saja untuk selalu berani bermimpi dan mengejarnya hingga ada dalam genggaman tangan.

JUSUF KALLA
Sosok mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sangat pantas dimasukkan sebagai salah satu tokoh inspiratif di Indonesia. Sejak tidak lagi menjabat sebagai orang nomor dua di negeri, Jusuf Kalla malah semakin sibuk dengan berbagai urusan yang tidak jauh dari persoalan kemasyarakatan.

Sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia, JK begitu rajin tampil di setiap momen-momen penting di negeri ini. Pria kelahiran Makassar, 70 tahun lalu ini juga sangat bermurah hati untuk berbagi pengalaman dalam sejumlah forum diskusi dan seminar, hingga ke kampus-kampus.

Berbagai tokoh tidak henti-hentinya mendatangi JK untuk menimba ilmu. Di sisi lain, JK juga selalu rajin memberikan saran dan opini bagaimana seharusnya pemimpin bangsa ini bekerja untuk rakyat.

BARACK OBAMA
Barack Obama kembali terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat untuk periode kedua pada pemilihan umum bulan November 2012. Dunia menyambut baik kemenangan Obama yang pernah tinggal di Indonesia ini. Dunia beranggapan presiden pertama yang berkulit hitam di negeri paman Sam ini, ebih bisa diajak berkompromi dalam berbagai urusan menyangkut isu-isu internasional.

Kemenangan Obama juga memberikan inspirasi bagi banyak orang di berbagai belahan dunia kalau siapapun bisa terpilih sebagai pemimpin, termasuk dari golongan minoritas sekalipun.

RIO HARIYANTO
Impian Indonesia untuk memiliki seorang pembalap Formula 1 semakin dekat berkat prestasi Rio Hariyanto. Pembalap kelahiran 1993 ini terus menorehkan kemenangan di sejumlah kejuaraan kelas dunia. Kini, Rio berada di ajang Formula GP2 Series dan semakin dekat dengan ajang Formula 1.

Rio mengawali kariernya di balap gokart pada 2002 dengan juara nasional Go-kart kelas Kadet. Dengan tekat yang sangat tinggi, Duta Antnarkoba 2009 ini akhirnya terus berkiprah di sejumlah formula.

CHAIRUL TANJUNG
Berawal dari usaha foto kopi pada jaman ia menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia pada 80-an. Chairul Tanjung kini telah menjelma menjadi salah satu orang terkaya di indonesia. Bisnisnya menggurita ke seluruh arah mata angin, walau paling terkenal sebagai raja media lewat Transcorp.

Publik semakin tercengang ketika pengusaha kelahiran 16 Juni 1962 ini membeli 40 persen saham Carrefour Indonesia pada 2010. Bahkan, Carrefour Indonesia benar-benar dimiliki 100 persen oleh Chairul Tanjung ketika ia membeli 60 persen sisa saham perusahaan ritel asal Prancis ini pada november 2012. Tidak salah kalau majalah forbes edisi 2012 menobatkan si anak singkong ini sebagai orang kaya Indonesia ke-5 dengan kekayaan mencapai 3, 4 miliar dollar Amerika/ atau sekitar Rp 3,4 triliun.

TRI RISMAHARINI
Tri rismaharini, demikian nama Walikota perempuan pertama di Kota Surabaya, Jawa Timur ini. Ia termasuk salah satu kepala daerah yang dinilai sukses bekerja membangun daerahnya. Di bawah kepemimpinan wanita ini, Kota Surabaya meraih sejumlah penghargaan tingkat nasional. Dampaknya, Surabaya pun menjadi kota untuk studi banding oleh daerah lain.

Risma, begitu ia biasa dipanggil, antara lain membawa Kota Surabaya menjadi kota terbersih. BerkaT tangan dinginnya, Surabaya juga dijuluki kota sejuta taman karena begitu banyaknya kawasan hijau dibangun Wali kota ini.

JOKO WIDODO
Siapa yang tidak kenal pria yang satu ini. Kemanapun ia pergi, orang-orang pasti menyapa, menyalami, atau bahkan minta berfoto bersama. Joko widodo memang bak artis yang sedang naik daun tatkala mencalonkan diri dan akhirnya terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

Gubernur yang punya panggilan akrab Jokowi ini, memilih lebih sering turun ke kampung-kampung kumuh daripada menghabiskan waktu di ruang kerjanya. Gayanya mencerminkan kesederhanaan walau terselip ketegasan di setiap ucapan dan tindakannya.

Membawa Jakarta yang baru. Begitulah harapan seluruh warga Jakarta yang sudah lelah dengan segala macam permasalahan Jakarta kepada sang Gubernur yang mantan pengusaha furnitur ini.

Masih banyak tokoh inspiratif lain yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Mereka hadir di antara sejumlah orang yang justru tingkah mereka dinilai kontroversial. Siapa saja yang layak dimasukkan dalam sosok kontroversial tahun 2012? Tunggu jawabannya sesaat lagi…

Catatan:
Artikel ini adalah naskah yang saya tulis untuk Kalaidoskop Tokoh 2012 yang tayang di program Metro Siang di Metro TV.


Foto-foto: Google.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar