Sabtu, 18 Februari 2012

Jadilah Citizen Journalist di Wide Shot Metro TV

Masih banyak yang bertanya bagaimana caranya menjadi citizen Journalist di program Wide Shot Metro TV. Walau sudah setiap hari ketiga presenter Wide Shot memberi tahu, namun pertanyaan yang sama, masih saja ditanyakan oleh para penonton setia Wide Shot. Ini mungkin pertanda, kalau semangat citizen journalism memang sedang menggelora di Indonesia. Program Wide Shot yang memang dilahirkan untuk menangkap tren ini, segera mampu menarik banyak penggemar.

Wide Shot memang lahir untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi perkembangan citizen journalism di tanah air. Yang paling diminati tentu saja liputan para citizen journalist mengenai beragam topik menarik. Satu reporter akan meliput satu berita yang menarik bagi masyarakat, khususnya pemirsa Metro TV.

Untuk menjadi citizen journalist di Wide Shot, ada dua cara yang bisa diambil. Cara pertama adalah dengan mengirimkan materi hasil liputan sendiri. Si pengirim benar-benar membuat liputan sendiri, lalu hasilnya dikirimkan ke redaksi Wide Shot di Metro TV. Nanti tim Wide Shot yang akan menilai apakah hasil liputan tersebut layak tayang atau tidak. Banyak materi yang tidak memenuhi syarat sehingga terpaksa tidak bisa ditayangkan. Beberapa elemen yang menjadi pertimbangan adalah, kualitas gambar, kualitas audio, topik yang disampaikan, dan beberapa elemen lain.

Materi video bisa dikirim ke redaksi Wide Shot dengan cara meng-upload ke situs www.metrotvnews.com/wideshot. Kalau mengalami kesulitan meng-upload, maka materi juga bisa dikirim via email ke wideshot@metrotvnews.com atau wideshot@ymail.com. Cara terakhir adalah, mengirimkan materi video via pos ke redaksi Wide Shot dengan alamat di Metro TV, Jalan Pilar Mas raya, Kavling A-D, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jangan lupa cantumkan tulisan Wide Shot di amplop, untuk mencegah surat tersasar ke bagian lain.

Cara kedua, adalah dengan mendaftar sebagai calon citizen journalist ke redaksi Wide Shot. Lalu, Anda akan dipanggil untuk merasakan bagaimana menjadi seorang reporter Metro TV dalam sehari. Caranya mudah sekal, dan siapapun bisa berpartisipasi. Anda tinggal mengirimkan permohonan yang dilengkapi dengan biodata ke alamat email wideshot@metrotvnews.com atau wideshot@ymail.com.

Begitu Anda mengirimkan email, maka tim Wide Shot akan menghubungi Anda via telepon. Anda akan diminta untuk datang ke Metro Tv untuk mengikuti sesi coaching terlebih dahulu. Sebaiknya Anda datang dengan sudah membawa beberapa ide tema peliputan. Saat sesi coaching ini, Anda akan diajari bagaimana melakukan proses peliputan terhadap tema yang akan diliput. Yang bertugas memberikan pelajaran ini adalah para produser di Wide Shot. Mereka akan mengajari Anda mengenai segala hal yang diperlukan. Mulai dari cara reportasi, mewawancarai narasumber, visual yang harus didapatkan di lapangan, cara stand up, dan sebagainya.

Saat sesi coaching ini, tim Wide Shot juga akan membagi jadwal liputan para calon citizen journalist yang hadir. Setiap hari ada dua orang yang liputan. Mereka akan meliput dengan cameraperson yang telah disiapkan Metro TV. Anda akan mendapatkan pengalaman bagaimana rasanya menjadi seorang jurnalis betulan. Hebatnya lagi, karya liputan Anda tidak akan sia-sia, karena akan ditayangkan di program Wide Shot setelah melewati proses editing.

Jangan lupa untuk memberi tahu orang tua, saudara, teman, pacar, tetangga, atau siapapun orang-orang yang Anda kenali, agar mereka ikut menyaksikan penampilan Anda di layar TV.

Jadi, tunggu apalagi. Jadilah bagian dari citizen journalist di Wide Shot Metro TV!
Selengkapnya...