Rabu, 24 Juli 2013

Bandara Polonia Dalam Kenangan

Dua orang remaja tanggung mengikuti saya dan keluarga menuju mobil. Tidak lama kemudian, mereka ikut mendorong troli walau tidak diminta. Mereka terus membantu dengan mengangkat tas-tas ke dalam mobil. Ketika semua sudah selesai, mereka pun meminta sejumlah uang. “Untuk beli rokok, Bang!” kata salah satu dari mereka.

Itulah salah satu pengalaman yang saya ingat tentang Bandara Polonia, Medan. Porter-porter tidak resmi seperti itu sudah menjadi pemandangan biasa di bandara terbesar di Sumatera Utara itu. Keberadaan mereka tentu menganggu kenyamanan. Tapi, sepertinya orang-orang sudah cuek saja dan lebih memilih mengeluarkan selembar uang sepuluh ribu atau lebih daripada harus membuang energi untuk berdebat. Bagi mereka, ketidaknyamanan Bandara Polonia seperti sudah hal biasa. Lelah untuk mengeluh karena kondisinya juga tidak berubah-ubah.

Saya termasuk orang yang cukup sering melintas di Bandara Polonia. Tidak hanya untuk liburan ke kampung halaman di Tanah Karo, namun juga dalam rangka tugas ke Sumatera Utara. Bahkan, saya ikut menyaksikan langsung beberapa peristiwa penting yang terjadi di sekitar lingkungan Bandara Polonia.

Saya pernah ditugaskan ke kota bika ambon itu untuk meliput kecelakaan pesawat Mandala Air yang gagal terbang dari Polonia pada 5 September 2005 yang menewaskan sekitar 150 orang. Saya juga datang ke Medan ketika gedung Terminal Keberangakatan Polonia habis terbakar pada 1 Desember 2007 sehingga proses check in sempat dipindhakan ke tenda-tenda darurat di areal parkir. Dalam dua kesempatan itu, saya juga sempat melihat kawasan Kualanamu, Deli Serdang, yang digadang-gadang menjadi lokasi bandara baru pengganti Polonia.

Tidak terasa, Polonia sudah sekitar 89 tahun beroperasi sejak pesawat Fokker asal Belanda mendarat pertama kali di lapangan pacuan kuda di sekitar Medan pada 1924. Sedangkan cikal-bakal Bandara Polonia didarati pesawat pertama kali pada 1928 dengan datangnya pesawat KNILM dari Belanda. Tahun 2013, Polonia pun harus pensiun karena sudah berada di tengah kota sehingga tidak bisa dikembangkan lagi. Medan pun memiliki Bandara baru di Kualanamu, Deli Serdang, sekitar 40 km keluar Medan.

Berikut ini adalah beberapa koleksi foto saya tentang Bandara Polonia:

Terminal Polonia dari dalam pesawat

Suasana apron Bandara Polonia

Petunjuk pintu masuk ke pesawat

Menatap pesawat dari dalam terminal keberangkatan

Kota Medan dari dalam kabin pesawat

Permukiman padat menempel dengan areal Bandara Polonia

Pesawat baru tiba di Bandara Polonia

Berangkat dari Bandara Polonia

Siap take off dari Bandara Polonia

Antre dari Terminal Keberangkatan Bandara Polonia

Mandala Air jatuh di dekat Polonia (saya masih memotret dengan kamera film)

Terminal Keberangkatan Polonia yang terbakar, 1 Desember 2007

Pecahan kaca terminal yang terbakar. tampak refleksi Adam Air di kaca.

Proses Check in pun berlangsung di parkiran Polonia

Bagian Terminal Keberangkaan Polonia yang terbakar

Bandara Polonia yang terbakar pada 1 Desember 2007

Anda pernah check in di areal parkir? Saya pernah!

Terminal Keberangkatan Polonia yang habis terbakar pada 1 Desember 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar