Selasa, 09 Juli 2013

Menyimpan Foto dari Instagram

Tiba-tiba saja saya jatuh cinta dengan Instagram. Situs berbagi foto tersebut menarik perhatian saya, untuk menyalurkan hobi jepret-jepret yang sejak lama saya sukai. Tapi, saya memilih untuk tidak mengisi dinding Instagram dengan foto-foto hasil jepretan kamera DSLR, saku, atau yang lain. Saya hanya ingin mengisinya dengan foto-foto dari kemera handphone. Untuk memuluskan rencana ini, saya pun melengkapi diri dengan sebuah Sony Xperia V yang telah memiliki kamera berresolusi 13 MP.

Dalam beberapa hari saja, sudah puluhan foto yang saya tempelkan di dinding Instagram milik saya. Temanya apa saja, yang penting foto tersebut indah dan bagus bagi mata saya. Ada yang bertema lanskap, manusia, benda di sekitar saya, dan hal-hal unik yang saya jumpai di mana saja yang saya lewati. Tidak lupa saya menggunakan sejumlah efek yang disediakan Instagram untuk memperindah foto.

Saya juga rajin berselancar untuk menemukan teman-teman lain yang memiliki foto-foto bagus. Saya pun mem-follow mereka, dan tentu saja berharap mereka akan menjadi following saya. Memang tidak mudah menemukannya, sama seperti pengalaman mencari pengikut di Twitter. Tapi, saya yakin pasti banyak yang bakal tertarik dengan foto-foto saya bila foto-foto lain terus di-upload di Instagram.

Keindahan foto-foto yang hadir berkat efek-efek yang disediakan Instagram, kemudian membuat saya ingin menyimpannya di folder data komputer. Celakanya, tidak ada menu save as di Instagram sehingga kita tidak bisa mengambil foto semudah biasanya, walau itu adalah foto kita sendiri. Rupanya, situs yang sudah dibeli oleh Facebook itu, sangat menjaga hak cipta semua foto yang ada.

Saya pun bertanya kesana-kemari untuk mencari jawaban bagaimana menyimpan foto dari Instagram. Saya pun berselancar lewat Google untuk menemukan solusinya. Ada banyak cara yang saya dapat, tapi hampir seluruhnya tidak mudah diterapkan. Tapi, saya tidak pernah putus asa dan terus mencari jalan keluar. Rupanya, saya adalah orang yang beruntung. Dari hasil mengutak-atik cara yang diungkapkan sebuah tulisan di blog, saya akhirnya menemukan bagaimana menyimpan foto dari Instagram. Tanpa membuang waktu, saya pun segera menyimpan beberapa foto dari akun Instagram saya yang paling oke.

Berikut ini adalah beberapa koleksi foto saya di Instagram. Semua foto diambil dengan kamera handphone Sony Xperia V.











2 komentar: