Minggu, 03 November 2013

Foto-foto Perjalanan Haji 2013

Labbaika Allaahumma labbaika.
Labbaika laa syariika laka labbaika.
Innal hamda, wan ni’mata.
Laka wal mulka laa syariika laka.


“Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.”

Bacaan talbiyah ini tidak putus-putusnya saya dan jamaah haji lainnya ucapkan sejak tiba di Tanah Suci dan semakin sering kami ucapkan ketika tiba di pelaksanaan puncak haji, yakni wukuf di arafah. Bacaan talbiyah ini baru berhenti diucapkan ketika kami selesai melontar jumrah pada hari raya. Talbiyah hanya salah satu pelajaran yang saya dapat selama berkesempatan naik haji pada tahun ini.

Berada selama 16 hari di Tanah Suci, telah memberikan begitu banyak pengalaman berharga untuk saya. Awalnya, saya sama sekali tidak pernah menyangka bakal berkesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci secepat ini. Namun, kata orang, ketika Allah sudah memanggil, maka tidak satupun manusia bisa menolaknya. Maka, saya pun berangkat ke Tanah Suci pada 6 Oktober 2013, yang bertepatan dengan tanggal 1 Djulhizah 1434 H.

Sambil saya menyelesaikan semua tulisan tentang pengalaman saya di tanah suci, saya akan membagi beberapa foto hasil jepretan saya selama di Arab Saudi. Ada tiga kota yang saya singgahi, yakni Jeddah, Madinah, dan tentu saja Mekkah.

Berikut adalah beberapa foto yang saya abadikan dengan kamera DSLR, pocket, dan smartphone:













Tidak ada komentar:

Posting Komentar