Kamis, 23 Mei 2013

Dari Gilang Ayunda sampai Fessy Alwi

Seorang kawan berkirim pesan. Karena tahu saya bekerja di Metro TV, ia bertanya tentang para penyiar Metro TV yang kini banyak berwajah baru. Ia bertanya, kemana wajah-wajah lama yang setiap hari muncul di layar.

Kawan tersebut menyebutkan beberapa presenter berita di Metro TV yang dulu sering ia lihat, seperti Rahma Sarita, Fifi Alayda Yahya, Kania Sutisnawisata, dan Najwa Shihab. Setelah itu, ia pun menyebut beberapa nama presenter Metro TV, yang menurut dia, masih sangat asing dan terlihat belum berpengalaman dari cara penampilan mereka.

Beberapa nama presenter lama yang ia sebutkan itu memang sudah tidak bekerja lagi di Metro TV. Rahma Sarita kini memandu program berita di Jak TV. Sedangkan Kania telah berlabuh ke Bloomberg TV Indonesia yang akan mengudara tidak lama lagi.

Kalau Fifi Alayda Yahya dan Najwa shihab sebenarnya masih ada di Metro TV walau
tidak lagi menjadi pembaca berita. Keduanya sudah punya progam talkshow sendiri. Fifi di program Sudut Pandang dan Najwa di Mata Najwa.

Untuk program berita memang kini lebih banyak dibawakan oleh presenter yang lebih 'muda', baik dari segi umur maupun jam terbang. Ada banyak nama yang mungkin belum terlalu familiar bagi masyarakat. Tapi, sebenarnya mereka adalah mantan reporter yang jago liputan di lapangan dan ahli menembus narasumber. Ada nama Putri Ayuningtyas, Anisha Dasuki, Yohana Margaretha, Iqbal Himawan, Gilang Ayunda, Zakia Arfan, Lori Singer, dan beberapa nama lain.

Hanya beberapa program yang tetap digawangi oleh presenter lebih 'senior'. Di program Metro Hari ini dan Prime Time News ada nama Eva Julianti, Fessy Alwi, Cheryl Tanzil, Aviani Malik, Ralph Tampubolon, dan Indra Maulana. Di Top News ada nama Frida Lidwina dan Zelda Safitri. Di program 811 ada Maria Kalaij dan Widya Saputra. Sedang di beberapa program lain ada sejumlah presenter yang tergolong ‘wajah lama’, seperti Nina Melinda, Prita Laura, Boy Noya, Lucia Saharui, dan sejumlah nama lain.

Dua tahun terakhir memang banyak presenter Metro TV yang hengkang, sama seperti reporter yang juga banyak pindah ke stasiun TV lain. Berderet nama seperti Kania Sutisnawinata, Tascha Luidmila, Tommy Tjokro, Marissa Anita, Timothy Marbun, Gadiza Fauzi, dan beberapa nama lain. Belum lagi melihat daftar lima tahun terakhir, ada nama Rahma Sarita, Ratna Wardhani, Catherine Keng, Wianda Pusponegoro, Chantal Della Concetta, Sandrina Malakiano, Meutya Hafid, dan sejumlah nama lain.

Ada juga yang pernah bertanya mengapa para presenter itu keluar dari Metro TV. Padahal, sejarah membuktikan, banyak presenter yang malah tenggelam dan akhirnya bukan siapa-siapa lagi setelah hijrah ke TV lain. Alasan sebenarnya memang jarang diungkap selain beberapa alasan yang terdengar klise, seperti butuh tantangan baru atau karena urusan keluarga.

Ada yang hilang, muncul nama baru. Begitulah hidup...

Sumber foto: dari sini
Selengkapnya...