Senin, 20 Januari 2014

Memang Wajahku bisa Judes ya?

Suatu hari pada Desember 2013 yang masih muda, sesosok pria menghampiri Zackia Arfan yang sedang berdiri di newsroom. Mereka pun terlibat pembicaraan yang lumayan serius, walau kadang-kadang suara tertawa terdengar dari mereka.

Keduanya sedang membicarakan mengenai program REALITAS yang akan tayang mulai 1 Januari 2014 di layar kaca Metro TV. Pada pembicaraan itu, Zackia Arfan diberi tahu kemungkinan dirinya menjadi salah satu presenter di program yang mengusung liputan berbau penelusuran dan investigasi itu.

Zackia Arfan memang akhirnya menjadi pembawa acara REALITAS. Penampilan perdananya muncul pada Rabu malam, hari pertama di 2014, yang membahas mengenai catatan hukum selama 2013. Penampilan salah satu pembaca berita Metro TV yang bertubuh mungil ini tidak terlalu mengecewakan. Ia terlihat tegas walau selama ini berpenampilan ceria dan sering berhahahihi ketika muncul di program Wide Shot Metro TV.

Kini, Zackia Arfan muncul secara rutin tiap Selasa dan Kamis di program REALITAS. Sedangkan untuk edisi Senin dan Rabu, ada Andini Efendi yang tampil di program tersebut. keduanya semakin terlihat menyakinkan untuk tampil di program yang dibuat sangat ‘keras’ itu. Padahal, awalnya mereka tidak yakin bisa tampil seperti itu. “Memang wajahku bisa terlihat judes ya seperti Rahma Sarita atau Eva Julianti?’’ tanya Zackia ketika pertama kali diberi tahu akan menjadi presenter di REALITAS.

Sejak 1 Januari 2014 memang ada sejumlah perubahan di layar Metro TV. Salah satunya adalah program yang sama pada Senin-Kamis setiap pukul 23.05 WIB. Nama programnya REALITAS. Ini sebenarnya bukan program baru, karena merupakan perubahan dari METRO REALITAS, sebuah program yang sudah tayang sejak 2001 di layar Metro TV. Sama seperti METRO REALITAS, program ‘baru’ ini juga tetap mengusung peliputan bergenre penelusuran dan investigasi.

Persiapan REALITAS relatif sangat cepat. Dalam waktu sekitar 5 minggu, seluruh kebutuhan program dikerjakan. Mulai dari penyusunan tim, pembagian tugas, pencarian presenter, pembuatan logo, dan sebagainya. Yang tidak kalah penting adalah membagi tema peliputan agar setiap hari tayang hasil liputan yang berbeda-beda.

Pembagian tema pun diputuskan, yakni Senin untuk isu-isu politik, Selasa untuk kriminal, Rabu untuk hukum, dan Kamis untuk sosial. Kalau dulu METRO REALITAS lebih banyak dikenal sebagai program yang membedah isu-isu hukum dan korupsi, maka kini dilakukan pelebaran ‘wilayah jajahan’.

REALITAS pun kembali diputuskan untuk memakai pembawa acara, setelah hampir dua tahun menghilang dari METRO REALITAS. Pemilihan presenter cukup sulit karena penonton pasti membandingbandingkan penampilan mereka dengan beberapa nama yang pernah menjadi presenter METRO REALITAS. Penonton sepertinya sudah sangat hafal dengan gaya Rahma Sarita, Eva Julianti, atau Nina Melinda, ketika mereka masih bergabung dengan METRO REALITAS. Ketiganya bisa membawakan program tersebut dengan mimik muka serius tapi sering nyinyir, seolah-olah meledek kelakukan para manusia yang ada di tayangan yang mereka bawakan. Bermuka dingin. Begitulah sejumlah pemirsa berkomenter.

Apakah Zackia Arfan dan Andini Afendi bisa keluar dari bayang-bayang Rahma Sarita atau Eva Julianti? Mmm… kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar