Senin, 17 Maret 2014

Berburu di Taman Burung TMII

Kemana lokasi yang tepat untuk memotret burung? Aha, tempat yang paling cocok mungkin saja ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ada banyak koleksi burung di lokasi ini dan siapa saja bisa berada begitu dekat dengan unggas-unggas tersebut. Sebab, burung-burung tersebut sebagian besar ditempatkan di sejumlah kubah dan pengungjung bisa masuk ke dalamnya.

Ini juga yang saya lakukan bersama dua orang kawan untuk mengisi hari libur di akhir pekan. Kami berangkat Minggu pagi ke TMII yang berlokasi di ujung Jakarta Timur. Kami tiba di sana ketika begitu banyak pengunjung sedang berolah raga di Minggu pagi yang cerah. Bahkan, kepadatan terjadi di beberapa titik karena menjadi pusat keramaian setiap hari Minggu pagi. Saya pun baru tahu kalau ada kawasan yang menjadi pasar kaget di TMII setiap hari Minggu.

Setelah membayar tiket masuk Rp 20.000, saya pun sudah berada di Taman Burung TMII seluas 6 hektar. Suasana sangat asri dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi dan rindang. Maklum saja, taman ini sudah ada sejak 1976, tepatnya diresmikan pada 19 Agustus 1976. Saat itu, taman burung ini hanya memiliki satu kubah alias sangkar raksana. Namun, kini kubahnya sudah ada sembilan. Nah, kebayang kan berapa banyak burung yang ada di taman ini.

Ukuran setiap sangkar sangatlah besar. Yang paling besar memiliki ukuran 68 m dengan ketinggian 30 m. Sedang sangkar yang paling kecil bergaristengah 20 m dengan ketinggian 9 m. Di setiap pinggiran kubah dibuat sangkar-sangkar yang menyimpan koleksi, sehingga dapat dinikmati dari dalam ataupun luar kubah.

Kabarnya, koleksi burung di sini adalah yang terlengkap di Indonesia. Jenisnya mencapai 312 jenis dengan jumlah burung mencapai ribuan ekor. Sumbernya tidak hanya dari Indonesia, tapi juga berbagai jenis burung dari luar negeri.

Saya pun larut dalam mengelilingi taman burung ini sambil menenteng kamera. Beragam momen menjadi sasaran bidikan. Begitu sudah pas, saya pun menekan tombol rana.

Berikut adalah beberapa hasil jepretan saya….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar