Minggu, 04 September 2016

Mendayung di Sungai Ayung Ubud

Baru kali ini saya berkesempatan untuk menikmati rafting di Pulau Bali. Bersama para teman, kami memilih untuk rafting di Sungai Ayung yang ada di kawasan Ubud. Agar lebih puas, kami pun memakai operator yang menawarkan jalur paling jauh, sekitar 13 KM. Jarak tersebut kami tempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Sangat menguras tenaga. Namun, sungguh sebuah pengalaman yang asik.

Sebenarnya ada beberapa lokasi rafting di Bali yang biasa ditawarkan kepada para wisatawan. Selain Sungai Ayung, ada juga yang menggunakan Sungai Telaga Waja di Kabupaten Karangasem. Katanya, Sungai Telaga Waja memiliki trek rafting yang paling panjang di Bali, yakni mencapai 16 KM. Jalur rafting ini melewati areal persawahan dan memiliki sejumlah jeram yang menantang. Bahkan, ada satu jeram yang tingginya sampai lima meter. Lokasi rafting lainnya adalah Sungai Melagit di Kabupaten Klungkung. Karateristiknya kira-kira tidak jauh berbeda dengan yang lain.

Sungai Ayung berada jauh di sebuah lembah. Harus turun ke bawah dengan kemiringan sekitar 70 derajat sejauh 100 meter untuk sampai ke aliran sungai. Tidak bisa dibayangkan kalau harus naik lagi. Pasti butuh tenaga luar biasa. Karena berada di lembah, maka sungai ini samar-samar terlihat dari udara karena tertutup pepohonan rindang yang tumbuh di pinggiran sungai.

Rafting di sungai ini memang cocok untuk para wisatawan. Cukup aman bagi siapapun, termasuk anak-anak maupun orang lanjut usia. Aliran sungainya beragam, mulai dari berbatu-batu hingga sangat tenang sehingga banyak yang terjun ke dalam air untuk berenang. Kita juga akan menjumpai sejumlah air terjun kecil di perjalanan. Air terjun paling besar selalu menjadi lokasi pemberhentian bagi para peserta rafting. Mereka pun berfoto-foto di air terjun ini.

Jangan takut kelaparan selama menyusuri Sungai Ayung. Sejumlah pedagang menggelar makanan maupun minuman di beberapa titik yang nyaman untuk berhenti. Jadi jangan lupa untuk membawa bekal uang selama ikut rafting di sungai ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar