Kamis, 23 Februari 2017

Tak Sabar Menanti MRT Jakarta

Kalau berjalan lancar, tepat dua tahun lagi, Jakarta akan memiliki kereta api bawah tanah. Pembangunan MRT, kepanjangan dari Mass Rapid Transit, terus dikebut agar bisa selesai sesuai jadwal, Maret 2019. Tidak ada penjelasan mengapa target selesai di bulan ini. Dugaan saya, karena pada April 2019 ada momen Pemilu.

Untuk kesekian kalinya, Presiden Jokowi melihat langsung proses pembangunan MRT pada hari ini, 23 Februari 2017. Dalam peninjauan kali ini, Jokowi mengumumkan kalau semua terowongan bawa tanah tahap pertama MRT telah tersambung. "Seluruh terowongan yang dibangun untuk MRT sudah tersambung. Hari ini sudah tersambung," ujar Jokowi di lokasi proyek, 300 meter di bawah Jalan Jenderal Sudirman, seperti ditulis Kompas.com.

Pembangunan proyek MRT Jakarta mulai dikerjakan sejak 10 Oktober 2013, ketika Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta. Pada tahap pertama, koridor yang dibangun adalah Lebak Bulus-Bunderan HI sepanjang 15,7 KM. Hingga hari ini, pembangunannya telah kelar 65%. Kurang 35% agar tuntas pada Maret 2019. Tapi, yang terpenting, pengeboran terowongan yang membentang dari Senayan sampai Bunderan HI sudah tuntas. Tinggal membangun sarana dan prasarana. Begitu juta jalur melayang dari Lebak Bulus sampai Senayang yang progresnya juga baik. Tiang-tiang penyangga telah berdiri kokoh.

Begitu tahap pertama ini beroperasi, rencananya akan dilanjutkan dengan tahap kedua yang membentang dari Bunderan HI hingga Kampung Bandan di Jakarta Utara, sepanjang 8,1 KM. Tahap kedua ini ditargetkan selesai dibangun pada 2020. Tapi, tampaknya bakal molor karena hanya selisih satu tahun dari beroperasinya jalur Lebak Bulus-Bunderan HI.


Tidak murah untuk membangun MRT di Jakarta ini. Biaya pembangunan tahap pertama saja diperkirakan bakal menghabiskan anggaran sekitar Rp 15 Triliun rupiah. Besaran biaya yang sama juga bakal habis untuk pembangunan tahap kedua. Sebagian besar anggarannya merupakan pinjaman lunak dari Jepang. Ini yang membuat MRT Jakarta bakal menggunakan teknologi dari negeri matahari terbit itu.

Walau tidak murah, tapi nantinya MRT Jakarta ini akan menjadi kebanggaan Indonesia. Setelah puluhan tahun hanya wacana, mimpi Indonesia untuk memiliki kereta bawah tanah pun terwujud. Indonesia memang jauh tertinggal dibandingkan sejumlah negara lain yang sudah sangat lama memiliki MRT sebagai solusi transportasi publik. Tetapi, rasa-rasanya tidak masalah terlambat, daripada tidak pernah terwujud.

Berikut ini adalah sejumlah foto mengenai pembangunan MRT Jakarta yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Mohon maaf saya tidak mencantumkan sumbernya karena terlalu banyak. Saya sendiri bahkan sudah lupa darimana saya memperolehnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar